EA Akuisisi Pembuat Game Diner Dash Senilai Rp 29 Triliun

EA Akuisisi Pembuat Game Diner Dash Senilai Rp 29 Triliun

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 09 Feb 2021 21:40 WIB
Diner Dash Adventures
Foto: Dok. Glu Mobile
Jakarta -

Electronic Arts (EA) mengakuisisi studio game mobile bernama Glu Mobile dengan nilai mencapai USD 2,1 miliar, atau sekitar Rp 29,4 triliun. Wow!

Memangnya, Glu Mobile ini siapa sih, kok nilai akuisisinya setinggi itu? Glu Mobile adalah pengembang sejumlah game terkenal, seperti Diner Dash, Disney Sorceror'S Arena, WWE Universe, TapSports Baseball '20, Kim Kardashian Hollywood, Deer Hunter, dan lainnya.

Dengan akuisisi ini, EA menunjukkan minatnya dalam menggarap game untuk perangkat mobile. Terlebih lagi, Glu Mobile pun bukan pengembang kemarin sore. Deretan game mereka selama 2020 lalu sudah menghasilkan lebih dari USD 1,32 miliar.

Sementara alasan resmi EA untuk melakukan akuisisi ini antara lain adalah untuk mengembangkan portfolio game mobilenya ke genre RPG, lifestyle, casual, dan midcore, demikian dikutip detikINET dari IGN, Selasa (9/2/2021).

Sebagai bagian dari perjanjian akuisisi tersebut, Glu Mobile mendapat akses ke lisensi global EA dan juga kemampuan distribusi game mereka. Sementara EA pun bakal bisa memanfaatkan kemampuan Glu Mobile untuk memonetisasi game casual dan sport.

"Akuisisi kami terhadap Glu mengkombinasikan tim yang hebat dan produk yang sangat menarik untuk menciptakan pemimpin mobile game dengan keahlian yang sudah terbukti di berbagai genre yang bertumbuh cepat," ujar CEO EA Andrew Wilson.

"Perangkat mobile terus tumbuh sebagai platform gaming terbesar di dunia, dan dengan tambahan dari keahlian dan game Glu, kami akan melipatgandakan bisnis mobile kami," tambahnya.

Dalam akuisisi ini, sekitar 500 pengembang dan sekitar 800 pegawai Glu akan bergabung di bawah payung EA. Akuisisi ini sendiri diperkirakan baru akan selesai pada 30 Juni 2021, yaitu untuk menunggu berbagai perizinan yang diperlukan.

Nilai akuisisi Glu oleh EA ini memang terlihat besar, namun ternyata masih ada akuisisi lain yang nilainya jauh lebih besar. Contohnya adalah akuisisi Supercell (pengembang Clash Royale) oleh Tencent nilainya mencapai USD 8,6 miliar.

Lalu ada juga akuisisi ZeniMax Media (induk Bethesda, id Software, Arkane, dll) oleh Microsoft senilai USD 7,5 miliar. Dan bahkan, pada 2016 lalu, akuisisi King (pengembang Candy Crush) oleh Activision nilainya sudah mencapai USD 5,9 miliar.



Simak Video "Ajak Anak Jelajahi Dunia Internet dengan Permainan Interland"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)