Jeff Bezos Tinggalkan Amazon, Ini CEO Lain yang Juga Pilih Resign

Jeff Bezos Tinggalkan Amazon, Ini CEO Lain yang Juga Pilih Resign

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 03 Feb 2021 22:36 WIB
Jeff Bezos
Jeff Bezos mundur dari jabatan sebagai CEO Amazon. Foto: Associated Press
Jakarta -

Jeff Bezos resign dari jabatannya sebagai CEO Amazon. Keputusan ini dia buat karena ingin menaruh fokus pada minat lain yang ia miliki termasuk mengembangkan Blue Origin, perusahaan yang bergerak di bidang antariksa.

Selain pria pemegang tahta terkaya di dunia ini, ada juga CEO lain dari dunia teknologi yang pernah menghebohkan publik karena memutuskan undur diri dari jabatan tertinggi di perusahaan. Siapa saja mereka?

1. Jeff Bezos (Amazon)

Kita mulai dari Jeff Bezos. Sang pendiri Amazon Jeff Bezos diumumkan akan mengundurkan diri pada kuartal ketiga tahun ini. Selanjutnya, ia akan menduduki kursi eksekutif dewan perusahaan. Sementara untuk penggantinya telah ditunjuk Andy Jassy yang sebelumnya mengepalai Amazon Web Services, divisi bisnis cloud yang sedang berkembang pesat.

2. Larry Page (Alphabet)

Tepat pada Selasa (3/12/2019) waktu setempat,Larry Page memutuskan untuk mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO Alphabet dan digantikan oleh Sundari Pichai. Pada waktu yang bersamaan, Presiden Alphabet saat itu yakni Sergey Brin juga mengundurkan diri.

3. Devin Wenig (eBay)

Di tahun 2019 juga, Devin Wenig melepas jabatannya sebagai CEO eBay. Pengunduran dirinya itu tepatnya diumumkan pada September 2020.

4. Chris Beard (Mozilla)

Chris Beard mengundurkan diri setelah lima tahun menjabat sebagai CEO Mozilla. Ia menuliskan kabar tersebut di laman blog resmi Mozilla dan mengatakan bangga telah menjadi bagian dari Mozilla selama 15 tahun.

5. Bill Gates (Microsoft)

Bill Gates sudah lama mundur dari jabatannya sebagai CEO dari Microsoft sejak tahun 2008. Akan tetapi, tahun 2020, Gates kembali mengurangi keterikatannya dengan Microsoft setelah memutuskan hengkang dari keanggotaan dewan direksi karena ingin fokus bergerak di kegiatan kemanusiaan. Kendati demikian, ia tetap menjadi penasihat teknologi untuk CEO Microsoft saat ini yaitu Setya Nadella.

6. Jack Ma (Alibaba Group)

Pendiri perusahaan teknologi Alibaba, Jack Ma mengundurkan diri dari jabatannya sebagai ketua eksekutif pada bulan September 2019. Ia merupakan co-founder dari Alibaba yang membuatnya sukses menjadi orang terkaya di China.



Simak Video "Mundur dari CEO Amazon, Jeff Bezos Masih Tetap Berpengaruh"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)