Kontroversi Tweet Elon Musk Bikin Saham Perusahaan Melesat

Kontroversi Tweet Elon Musk Bikin Saham Perusahaan Melesat

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 31 Jan 2021 22:34 WIB
Elon Musk SEC
Elon Musk. Foto: Reuters
Jakarta -

Dengan 44,5 juta follower dan reputasinya yang besar, kicauan Elon Musk di Twitter diperhatikan banyak orang, bahkan sering membuat harga saham perusahaan atau lainnya melesat. Hal itu rupanya bikin tidak senang beberapa pakar keuangan.

Terbaru, nilai mata uang digital bitcoin melonjak sampai 20% hanya karena Musk mengubah bio di Twitter menjadi bitcoin. Spekulasi pun berkembang bahwa dia membeli lebih banyak bitcoin.

Tak berapa lama sebelumnya, CEO Tesla dan SpaceX ini juga membuat harga saham CD Projekt mendadak naik lebih dari 12% setelah menyebut Tesla Model S mungkin akan dibekali game Cyberpunk 2077 buatan mereka.

Ia juga memuji Cyberpunk 2077 sebagai game yang bagus. Tentu ini merupakan angin segar bagi CD Projekt yang tengah terpuruk lantaran game yang sangat ditunggu itu ternyata ada bug-nya yang cukup parah.

Tidak hanya itu, Musk membuat orang jadi ikut memburu saham GameStop hanya dengan satu cuitan, 'Gamestonk'. "Mungkin inilah saatnya untuk mendiskusikan legitimasi praktik (Musk) ini," sebut analis industri dari Freetrade, Dan Lane.

Elon Musk dianggap menyalahgunakan pengaruhnya, bahkan mungkin memperkaya diri sendiri dengan berbagai cuitannya itu. "Musk bisa memperkaya dirinya sendiri dengan satu tweet. Dia adalah seorang inovator tapi tak berarti dia berada di atas hukum," kata Rich Pleeth, mantan pegawai Google yang sekarang jadi investor.

Ada yang menilai Musk tidak bersalah, bahwa orang sekarang pun mengikuti influencer saham semacam Musk, bukan hanya influencer kecantikan atau busana. Namun demikian, mungkin perlu adanya regulasi.

"Regulator tidak hanya perlu untuk mengejar, tapi juga perlu secara proaktif menegakkan aturan dan menjelaskan apa yang bisa diterima. Realitasnya adalah pemimpin yang karismatis sekarang punya platform publik dan tidak hanya tertahan di ruang direksi. Terserah regulator bagaimana mereka menanggapi hal ini," sebut Lane.

Tak cuma soal saham. Tweet Elon Musk juga melesatkan produk lain, sebut saja Signal yang penggunanya makin banyak setelah dia mencuit 'use Signal' menyusul kontroversi aturan privasi WhatsApp.



Simak Video "Membaca Dampak yang Timbul Usai Elon Musk Investasi ke Bitcoin"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)