Wattpad Dibeli Naver Rp 8,4 Triliun

Wattpad Dibeli Naver Rp 8,4 Triliun

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 20 Jan 2021 19:31 WIB
wattpad
Wattpad Dibeli Naver Rp 8,4 Triliun. Foto: Wattpad
Jakarta -

Wattpad, platform menulis asal Toronto, Kanada, diakuisisi pemilik Line dan Webtoon sekaligus konglomerat asal Korea Selatan, Naver. Kesepakatan di antara keduanya dikabarkan bernilai USD 600 juta atau sekitar Rp 8,4 triliun.

Naver berencana memasukkan platform bercerita yang berusia 14 tahun ini ke platform penerbitan Webtoon miliknya. Webtoon sendiri punya audiens yang besar. Menurut Naver, pada Agustus 2020, platform komik online ini rata-rata memiliki lebih dari 67 juta pengguna bulanan.

Akuisisi ini tampak masuk akal. Menurut Pulse News Korea, Rabu (20/1/2021) beberapa webtoon di negaranya menemukan audiens geografis yang lebih luas dan kini mulai beralih ke film.

Sama halnya dengan Wattpad yang awal diluncurkan sebagai aplikasi e-reading, kini telah berevolusi menjadi platform populer yang memungkinkan pengguna mempublikasikan karya tulisan mereka, dan 90 juta orang mengunjungi platform ini setiap bulannya untuk membaca.

Dikutip dari Tech Crunch, Wattpad mempublikasikan lebih dari 1 miliar cerita hingga saat ini. Mereka mengklaim pengguna menghabiskan 22 miliar menit per bulan untuk membaca Wattpad.

Seperti Webtoon, Wattpad kini lebih fokus pada media streaming lewat Wattpad Studios, mengingat banyak platform sekarang membutuhkan konten baru, mulai dari Netflix hingga Apple, bahkan layanan ride hailing seperti Gojek, membutuhkan konten baru untuk layanan streaming GoPlay mereka. Selain itu, Wattpad kini punya divisi penerbitan buku yang diluncurkan pada 2019.

"Kerja sama baru ini merupakan langkah besar menuju kami menjadi perusahaan hiburan multimedia global terkemuka," komentar CEO Webtoon Jun Koo Kim.

Sementara itu, CEO Naver Seong-Sook Han memastikan bahwa co-founders Allen Lau dan Ivan Yuen akan melanjutkan kepemimpinan di Wattpad setelah akuisisi rampung.



Simak Video "Aplikasi Line Suguhkan Platform Perbankan Digital di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)