100 Juta PC di Dunia Masih Pakai Windows 7, Padahal...

100 Juta PC di Dunia Masih Pakai Windows 7, Padahal...

Josina - detikInet
Jumat, 08 Jan 2021 12:10 WIB
Windows 7
Foto: Getty Images
Jakarta -

Sistem operasi milik Microsoft Windows 7 tampaknya masih berjalan setidaknya pada 100 juta perangkat, meski Microsoft telah mengakhiri dukungan untuk OS ini setahun lalu.

ZDNet telah menganalisis proporsi PC yang masih menjalankan Windows 7 di berbagai laporan analitik. Meski setiap sumber data menepatkan Windows 7 pada persentase pangsa pasar yang berbeda, tapi sebagian besar setuju bahwa OS ini masih menguasai sekitar 20% PC.

Microsoft mengatakan selama bertahun-tahun ada 1,5 miliar pengguna Windows di berbagai versi di seluruh dunia. Sehingga sulit untuk mendapatkan jumlah pasti pengguna Windows 7 karena berbagai metode yang digunakan oleh perusahaan analitik, tetapi jumlah setidaknya ada 100 juta.

Jika menurunkan perkiraan Microsoft dari 1,5 miliar pengguna Windows menjadi hanya 1 miliar (ada 1 miliar pengguna aktif Windows 10), maka Windows 7 masih ada di sejumlah besar PC. Pada kenyataannya ini masih dapat digunakan di lebih dari 200 juta perangkat di seluruh dunia.

Dilansir detiKINET dari The Verge, Jumat (8/1/2021) dukungan untuk Windows 7 berakhir pada Januari 2020, hampir 11 tahun setelah OS pertama kali diluncurkan. Saat itu sistem operasi Window 7 dengan cepat menjadi versi Windows yang sangat populer terutama untuk bisnis.

Mungkin butuh waktu lebih lama lagi bagi Window 7 untuk akhirnya menghilang, terutama setelah setahun ketika bayak orang telah beralih ke PC untuk bekerja jarak jauh dan sekolah di rumah.

Microsoft melaporkan peningkatan permintaan dan penggunaan PC karena pandemi. Kemungkinan sebagian dari penggunaan PC tersebut juga berasal dari rumah tangga yang membersihkan PC dan laptop lama yang tidak sering mereka gunakan, dan beberapa dari perangkat ini mungkin masih menjalankan Windows 7.

Jelas bahwa pandemi juga memengaruhi pasar PC selama setahun terakhir. Tetapi beberapa analis melihat hampir 300 juta PC dikirim pada tahun 2020 saja.



Simak Video "Microsoft Akan Genjot Bukalapak Rp 1,46 T"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)