Pertama Kali Amazon Beli Pesawat Sendiri Untuk Kirim Barang

Pertama Kali Amazon Beli Pesawat Sendiri Untuk Kirim Barang

Josina - detikInet
Rabu, 06 Jan 2021 16:49 WIB
SEATTLE, WA - JUNE 16: An Amazon logo is seen inside the Amazon corporate headquarters on June 16, 2017 in Seattle, Washington. Amazon announced that it will buy Whole Foods Market, Inc. for over $13 billion.  (Photo by David Ryder/Getty Images)
Foto: David Ryder/Getty Images
Jakarta -

Pada Selasa (5/1) Amazon mengumumkan telah membeli 11 pesawat jet dari maskapai Delta dan WestJet untuk meningkatkan jaringan pengirimannya yang berkembang pesat dan juga dapat mengirimkan pesanan barang ke konsumen lebih cepat.

Dilansir detikINET dari Associated Press, Rabu (6/1/2021) Amazon mengatakan bahwa hal ini adalah pertama kalinya mereka membeli pesawat sendiri untuk jaringan pengirimannya. Di mana selama beberapa tahun terakhir mereka hanya menyewa pesawat untuk membangun armadanya.

"Memiliki pesawat sewaan dan milik sendiri pada armada kami yang terus berkembang memungkinkan kami dapat mengelola operasional kami dengan mudah dan lebih baik," kata Sarah Rhoads, vice president of Amazon Global Air dalam pernyataan di blognya.

Amazon yang berbasis di Seattle, Amerika Serikat ini sebagian besar mengantarkan paketnya sendiri dan tidak terlalu bergantung pada UPS, layanan Pos AS dan jasa pengiriman lainnya.

Selain armada pesawatnya, Amazon juga telah membangun beberapa pusat penyortiran paket di bandara, membuka gudang yang lebih dekat dengan tempat tinggal pembeli, dan meluncurkan program yang memungkinkan kontraktor memulai bisnis dengan mengirimkan paket dalam van yang dicap dengan logo Amazon.

Amazon mengatakan 11 pesawat, yang semuanya adalah jenis Boeing 767-300, akan diubah penggunaannya untuk menampung kargo, bukan lagi penumpang.

Lalu Empat jet yang dibeli dari WestJet akan bergabung dengan armada Amazon tahun ini, dan tujuh dari Delta akan siap beroperasi tahun depan. Pembelian tersebut akan membuat total armada Amazon menjadi 85 pesawat pada tahun 2022.

Sayangnya Amazon Inc. menolak memberikan informasi berapa uang yang mereka habiskan untuk membeli pesawat-pesawat tersebut.



Simak Video "Amazon One, Saat Bayar Belanjaan Cukup dengan Scan Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)