3 Poin Penting Obrolan Jokowi dan Elon Musk

3 Poin Penting Obrolan Jokowi dan Elon Musk

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 12 Des 2020 19:07 WIB
Banner Elon Musk
Elon Musk (Foto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari)
Jakarta -

Presiden Jokowi menelepon CEO Tesla dan SpaceX, Elon Musk. Ada sejumlah hal penting dalam pembicaraan mereka.

Dalam keterangan Kemenko Maritim dan Investasi dilansir CNBC Indonesia, Sabtu (12/12/2020) Jokowi didampingi oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut B Pandjaitan. Obrolan dengan Elon Musk ini berlangsung pada Jumat (11/12).

Inilah poin-poin penting obrolan Jokowi dan Elon Musk:

1. Investasi mobil listrik Tesla

Jokowi dan Elon Musk membahas proyek mobil listrik Tesla dan komponen baterainya. Elon Musk dan Jokowi berdiskusi dan bertukar pandangan mengenai industri mobil listrik.

"Pembicaraan ini membahas mengenai peluang investasi perusahaan mobil listrik Tesla di Indonesia," bunyi keterangan tersebut.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengutus Luhut dan beberapa orang dalam sebuah tim tingkat tinggi untuk mengejar investasi dari Tesla. Jokowi mengungkapkan hal itu dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

2. Ide landasan roket SpaceX di Indonesia

Selain itu, Jokowi mengajak Elon Musk untuk menjadikan Indonesia sebagai landasan penerbangan roket SpaceX. SpaceX adalah perusahaan antariksa milik Elon yang dikenal inovatif.

"Presiden RI Joko Widodo juga mengajak Tesla untuk melihat Indonesia sebagai launching pad SpaceX," dikutip dari keterangan tertulis tersebut.

3. Elon Musk akan kirim tim ke Indonesia

Usai dari obrolan tersebut, Elon Musk menanggapi undangan Presiden Jokowi. Dia berencana akan mengirimkan timnya ke Indonesia pada bulan Januari 2021 untuk menjajaki semua peluang kerjasama tersebut.

Sebelumnya, Elon Musk pada minggu ini menjadi pemberitaan dunia. Dia melakukan uji terbang prototipe Starship SN8 pada Rabu (9/12) pukul 17.45 waktu Amerika Serikat bagian timur. Roket ini diluncurkan dari fasilitas SpaceX di Boca Chica, Texas.

Starship SN8 berhasil menyentuh target pendaratannya tapi terjun terlalu cepat dan akhirnya meledak hanya 6 menit dan 42 detik setelah meluncur. Meskipun roketnya meledak, Elon menganggap uji cobanya berhasil.

Elon Musk mengatakan SpaceX mendapatkan semua data yang dibutuhkan dalam uji coba ini. Dia pun tanpa ragu-ragu menjelaskan di Twitter perihal detik-detik ledakan roketnya kepada publik.



Simak Video "Elon Musk Geser Bill Gates Sebagai Orang Terkaya Kedua di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/ask)