Jualan Paling Laris di Tanggal Ini, Gencarkan Promosi!

Jualan Paling Laris di Tanggal Ini, Gencarkan Promosi!

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 03 Des 2020 18:11 WIB
ilustrasi belanja
Jualan paling laris di tanggal-tanggal berikut. Foto: iStock
Jakarta -

Buat kamu yang punya online shop, gencarkan penjualan pada tanggal-tanggal double days dan singles day. Ini dia angka kenaikan belanja online berdasarkan data dari Criteo.

Di Indonesia, 7.7 (7 Juli 2020) dinyatakan sebagai puncak penjualan yang sedang berkembang tahun ini, dengan peningkatan penjualan ritel 32% dan 66% pada tanggal 8.8 (8 Agustus 2020).

Pada bulan Oktober, selama 10.10, wilayah Asia Tenggara mencatat peningkatan penjualan 172% secara keseluruhan, jika dibandingkan dengan dua minggu terakhir bulan September, dan tingkat konversi sebesar 2,15 kali di tanggal tersebut. Di Indonesia, penjualan meningkat 199%.

Sementara itu, untuk double days, pada 11.11 yang baru-baru ini dilakukan, kawasan Asia Tenggara yakni Vietnam mengalami kenaikan terbesar 797% diikuti oleh Malaysia (589%), Singapura (299%), Taiwan (283%) dan Indonesia (274%).

Criteo juga mencatat bahwa aplikasi belanja semakin populer di kalangan pengguna di Asia Tenggara. Menurut studi Criteo 'Peak to Recovery"', yang mensurvei lebih dari 18.000 konsumen di seluruh dunia pada Mei 2020, 49% dari semua pembeli Indonesia mengunduh setidaknya satu aplikasi belanja (ritel, makanan, atau toko kelontong/alkohol) selama puncak COVID-19.

"Keadaan unik dalam menanggulangi COVID-19 telah menghasilkan perubahan perilaku konsumen terkait belanja online. Tidak hanya orang yang berbelanja lebih banyak, mereka juga lebih cenderung menggunakan aplikasi untuk retail," imbuh Pauline Lemaire, Director of Account Strategy for Large Customers, SEA, Hong Kong and Taiwan.

Siap-siap juga untuk pasang iklan pada toko-toko online kamu diberbagai e-commerce. Criteo juga mencatat pada kuartal III (Q3) 2020 sebanyak 78% konsumen Indonesia mengklik iklan dalam aplikasi dalam 6 bulan terakhir. 53% dari mereka melakukan pembelian setelah mengklik iklan dalam aplikasi.

"Dengan pembeli yang sekarang lebih terbuka terhadap pengalaman ritel di dalam aplikasi, peritel harus meningkatkan upaya untuk melibatkan konsumen melalui media ini selama momen ritel utama seperti 12.12 untuk mencapai daya tarik yang maksimum," tutup Pauline.



Simak Video "Cara Bikin Produk Terlihat Lebih Menarik saat Jualan Online"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)