Optimalisasi Pengelolaan Data Cloud ala Rubik

Optimalisasi Pengelolaan Data Cloud ala Rubik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 28 Nov 2020 20:33 WIB
Rubik Andes 5.3
Foto: Dok. Rubik
Jakarta -

Rubik, perusahaan manajemen data cloud, memperbarui platform Andes-nya ke versi 5.3 dan menjanjikan jasa penyimpanan, perlindungan, dan orkestrasi data yang diklaim terbaik di kelasnya.

Menurut Rubik, fokus mereka adalah untuk membantu bisnis perusahaan global dalam modernisasi dan otomatisasi, memperluas layanan cloud serta mengurangi resiko akan volume penyimpanan data mereka yang kian melonjak.

"Rubrik telah mencetuskan revolusi manajemen data modern. Dengan diluncurkannya Andes 5.3, perusahaan-perusahaan yang inovatif dapat menambahkan otomatisasi pada operasi pengolahan data mereka, memperoleh perlindungan di seluruh lingkungan hybrid, termasuk di tiga penyedia layanan cloud publik terbesar, dan mengurangi terjadinya peningkatan resiko pada data yang sudah disimpan," ujar Dan Roger, Presiden Rubik, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Dalam laporan terbarunya, perusahaan riset Forrester memperkirakan, akibat adanya pandemi, infrastruktur penyedia layanan cloud publik global akan tumbuh sebesar 35% pada tahun 2021.

Sementara data terbaru dari International Data Corporation (IDC) menyebutkan, lebih dari 59 zettabytes (ZB) data akan dibuat, di-capture, disalin, dan digunakan di dunia pada tahun ini.

Di sisi lain, laporan lanskap ancaman pertengahan tahun dari BitDefender Mid-Year Threat Landscape Report menyebutkan bahwa ransomware dunia saat ini telah meningkat sebesar 715% YoY. Data juga menunjukkan bahwa banyak pelaku kejahatan yang memanfaatkan situasi pandemi dan meningkatkan kejahatannya dari jarak jauh.

Untuk itulah perusahaan memerlukan solusi manajemen data, yang dapat bermigrasi dengan mulus sekaligus melindungi data tersebut dari bermacam serangan cyber yang makin beragam. Inilah yang coba ditawarkan oleh Rubik dengan Andes 5.3-nya.

Beberapa keunggulan dari Andes 5.3 antara lain:

  • Membackup 10x lebih cepat data di lingkungan SQL Server yang memiliki ratusan database per host - mendukung penyimpanan hingga 10.000 database SQL pada satu cluster Rubrik 4-node
  • Mempercepat backup aplikasi Oracle dengan berlipat ganda menjadi hampir satu gigabyte per detik
  • Fitur 'Recovery Validation' baru untuk Oracle di Andes 5.3, mengaktifkan uji validitas dan memberikan pemulihan yang memastikan agar database Oracle bisa benar-benar pulih
  • Kebijakan Perjanjian Layanan (SLA) baru yang diterapkan pada Layanan Rubrik Elastic App dan volume terkelola---memungkinkan otomatisasi pencadangan data secara penuh
  • Performa pemulihan NAS yang meningkat 3x lipat dan performa pemindaian (scanning) NetApp menjadi dua kali lipat lebih cepat, memungkinkan 35 juta file dipindai dalam waktu kurang dari 15 menit.



Simak Video "Masak Masak: Bikin Cloud Bread dengan Bahan Simpel"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)