Tambah Lagi Amunisi, OPPO Siapkan Masa Depan ke IoT

Tambah Lagi Amunisi, OPPO Siapkan Masa Depan ke IoT

Angga Laraspati - detikInet
Jumat, 27 Nov 2020 07:03 WIB
Oppo Inno Day
Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET
Jakarta -

OPPO terus melakukan gebrakan inovasi untuk masa depan. Salah satunya bisa dilihat dari berbagai gawai yang mendukung ekosistem Internet of Things (IOT) dan baru belakang ini dipamerkan di OPPO INNO DAY 2020.

Salah satu inovasi yang dipamerkan adalah ponsel dengan konsep layar gulung atau rollable pada OPPO X 2021. Ponsel ini menggunakan layar continuously variable OLED display dengan dua ukuran. Layar kecilnya berukuran 6,7 inci yang kompak dan mudah dioperasikan dengan satu tangan. Ketika layar ditarik keluar, smartphone ini menjelma jadi tablet berukuran maksimal 7,4 inci. Saat layar besar terhampar, pengguna dapat menikmati gambar video streaming atau game online dengan leluasa dan sangat jelas.

Dual powertrain memungkinkan pengguna membuka gulungan layar sebesar yang diinginkan. Dengan kata lain, layar besar dapat dibuka seperempat, separuh, atau seluruhnya.

OPPO juga memperlihatkan sebuah AR Glass yang diberi nama OPPO AR Glass 2021. Kacamata AR ini menggunakan teknologi optik Birdbath untuk meningkatkan kecerahan 98% dan memberikan pengalaman menonton yang sama seperti menonton layar 90 inci pada jarak 3 meter.

Kacamata ini memiliki fitur kamera fish-eye teropong yang menangkap lingkungan di sekitar Anda dan menyediakan pemetaan lokal dan lokalisasi spasial 3D dalam satuan milidetik dengan latensi rendah. Sehingga mencapai lokalisasi yang tepat dan menawarkan pengalaman spasial yang nyata dan alami kepada pengguna.

Tersemat kamera ditambah dengan sensor ToF yang dapat melacak gerakan tangan untuk pengoperasian yang lebih mudah. Fitur pelacakan tangan mengikuti 21 penanda unik di masing-masing tangan, memastikan bahwa kacamata AR menangkap gerakan paling halus sekalipun. Selain itu, kacamata dilengkapi dengan asisten suara Oppo Breeno untuk perintah suara.

[Gambas:Instagram]

Soal layar sudah diperkuat panel OLED HD 0,71 inci, dengan kontras 53% lebih tinggi, kecerahan yang 98% lebih tinggi, dan piksel per derajat yang lebih tinggi 40%, memungkinkan pengguna melihat lebih jelas. AR Glass tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk menikmati waktu luang seperti menonton film hingga bermain game.

Di gelaran OPPO INNO Day 2020, OPPO juga memamerkan CybeReal. Ini merupakan aplikasi perpaduan kompleks dari berbagai teknologi penginderaan. Aplikasi ini didasarkan pada model digital dunia fisik yang dibangun di atas Oppo Cloud.

Untuk menentukan suatu posisi, CyberReal akan memanfaatkan status gabungan antara IMU (Inertial Measurement Unit), GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan informasi jaringan. Kamera dan algoritma SLAM (simultaneous localization and mapping) kemudian digunakan untuk mencapai lokalisasi spasial yang lebih akurat.

Sebelumnya OPPO juga sudah menunjukkan keseriusannya dalam pengembangan IoT dengan memperkenalkan true wireless headset OPPO Enco Free dan speaker pintar dengan kecerdasan buatan Breeno.

Untuk informasi lebih lanjut soal inovasi dari OPPO bisa dilihat di sini.

[Gambas:Youtube]

(prf/ega)