Lebih Kaya dari Bill Gates, Dari Mana Asal Harta Elon Musk?

Lebih Kaya dari Bill Gates, Dari Mana Asal Harta Elon Musk?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 27 Nov 2020 18:48 WIB
Bill Gates vs Elon Musk
Elon Musk dan Bill Gates. Foto: Getty Images
Jakarta -

Elon Musk saat ini berstatus orang terkaya nomor dua di dunia, menyalip Bill Gates. Menurut Blomberg Bilionaires Index, kekayaan pria kelahiran Afrika Selatan itu saat ini berada di kisaran USD 130 miliar. Dari mana Musk mengumpulkan pundi-pundi uangnya?

Musk mulai berkiprah di industri teknologi sebagai salah satu pendiri layanan pembayaran PayPal di tahun 1990-an. Ketika eBay mengakuisisi PayPal pada tahun 2002, Musk kecipratan bagian besar dan membuatnya jadi orang kaya.

Di tahun yang sama, Musk mendirikan perusahaan pesawat antariksa, SpaceX, di mana dia menjadi CEO. Kemudian pada tahun 2004, ia turut jadi investor perusahaan mobil listrik Tesla dengan kontribusi USD 6,5 juta. Bahkan Musk kemudian juga ditunjuk sebagai CEO Tesla.

Nah, kekayaan Musk sebagian besar disumbangkan oleh nilai saham yang ia miliki di SpaceX dan Tesla. Dikutip detikINET dari NBC, Jumat (27/11/2020) Musk memiliki sekitar 20% saham Tesla dan 54% saham SpaceX.

SpaceX di bawah komando Elon Musk telah menjadi perusahaan antariksa yang sukses, di mana saat ini dipercaya NASA mengantar astronaut NASA ke International Space Station (ISS) memakai kapsul Dragon. Klien SpaceX pun dari berbagai negara karena punya teknologi roket ulang alik sehingga biaya peluncuran satelit bisa ditekan.

Namun tentunya yang membuat harta Musk melesat adalah meroketnya harga saham Tesla. Investor berbondong membeli saham Tesla yang diperkirakan akan menjadi perusahaan mobil listrik dominan. Valuasi Tesla sudah hampir USD 500 miliar, melebih Toyota.

Walau kekayaannya sudah selangit, kepada Forbes Musk pernah mengatakan bahwa ia tidak pernah peduli dengan kekayaannya dan hanya fokus membuat inovasi untuk menyalurkan idenya yang segudang.

"Aku tidak peduli, sih. Angka naik dan turun, tapi yang terpenting adalah membuat produk terbaik yang disukai orang-orang," klaim Elon Musk dalam wawancara beberapa waktu silam.



Simak Video "Elon Musk Geser Bill Gates Sebagai Orang Terkaya Kedua di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fay)