Jack Ma Dinilai Terlalu Arogan Sehingga 'Dijinakkan' - Halaman 2

Jack Ma Dinilai Terlalu Arogan Sehingga 'Dijinakkan'

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 16 Nov 2020 17:07 WIB
Jack Ma Kaya Ya
Jack Ma kena batunya (Foto: Getty Images)

Belajar dari kejadian Jack Ma

Saat ini, Alipay memiliki 711 juta user aktif bulanan dan menangani pembayaran senilai USD 17,2 triliun dalam setahun belakangan. Aplikasi mobile Alipay yang debut di 2009, punya pangsa pasar lebih dari 55%, mengalahkan platform Tencent.

Jelas bahwa Ma sekarang berada dalam situasi kurang menguntungkan sebagai sebuah kulminasi. "Pesannya adalah tidak ada pebisnis swasta besar yang akan ditoleransi di China daratan," kata Chen Zhiwu, profesor di Hong Kong University.

"Sudah tepat jika bank komplain, mereka diregulasi dengan sangat ketat dan Ant bebas melakukan apa yang mereka inginkan. Peristiwa ini merupakan akhir dari regulasi ringan (pada Ant)," tambah Chen.

Kejadian ini, pembatalan IPO sebuah perusahaan raksasa yang didirikan oleh seorang sosok berpengaruh, merupakan pengingat bahwa mengkritik pemerintah China selalu berisiko, siapapun orang yang melontarkannya.

"Partai Komunis China kembali mengingatkan pada semua pebisnis swasta bahwa tak peduli seberapa kaya dan sukses Anda, mereka bisa menggoyang Anda sewaktu-waktu," cetus Bill Bishop, pengamat China.

(fyk/fay)