Jack Ma Lagi Sial, Terancam Batal Dapat Duit Rp 386 Triliun

Jack Ma Lagi Sial, Terancam Batal Dapat Duit Rp 386 Triliun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 10:16 WIB
Jack Ma Elon Musk
Jack Ma lagi sial (Foto: Reuters)
Beijing -

Jack Ma mengalami nasib sial. Initial Public Offering (IPO) atau penjualan saham perdana Ant Financial yang diperkirakan memecahkan rekor dibatalkan regulator China pada saat-saat terakhir. Kabarnya, itu karena blunder fatal yang dilakukan oleh Jack Ma.

Ant Financial, perusahaan fintech Jack Ma, hanya tinggal selangkah IPO di bursa saham Shanghai dan Hong Kong. Dengan nilai diperkirakan USD 37 miliar, IPO Ant diprediksi akan memecahkan rekor IPO tertinggi seperti dulu pernah dilakukan oleh Alibaba.

Namun Jack Ma sesaat sebelum IPO itu, berpidato yang membuat regulator China marah. Dia menyerang bank dan lembaga pengawas keuangan China. Ma menyebut aturan keuangan di China menghambat inovasi dan harus direformasi untuk memicu pertumbuhan ekonomi.

Pidato pada 24 Oktober itu turut dihadiri oleh pejabat China. Menurut sumber terkait, pernyataan Ma membuat para pejabat itu marah sehingga akhirnya dilakukan investigasi pada praktik bisnis Ant yang membuat proses IPO mendadak terhenti.

Dua sumber menyebutkan sebenarnya Ma sudah diperingatkan agar tidak mengeluarkan pernyataan kontroversial alias yang lunak saja, tapi Jack Ma rupanya ngeyel. "Jack adalah Jack. Dia hanya ingin membicarakan apa yang ada di pikirannya," sebut seorang sumber.

Beberapa pemegang kebijakan keuangan China murka dengan kritik dari Ma. Praktik bisnis Ma pun diincar, misalnya tudingan bahwa layanan Ant memicu orang miskin dan anak muda terlilit utang. Malah kemudian, pejabat yang lebih tinggi ikut turun tangan dan membuat IPO Ant tertunda.

Maka investor dan Ma mengalami kerugian. Kekayaan Jack Ma diprediksi melonjak naik USD 27 miliar atau di kisaran Rp 386 triliun sebagai hasil IPO Ant, namun karena peristiwa tersebut jadi tidak jelas.

Dikutip detikINET dari Reuters, Jumat (6/11/2020) Jack Ma sepertinya salah perhitungan. Selama ini, bisnisnya lancar-lancar saja dan ia punya koneksi dengan orang-orang berkuasa di China. Namun kali ini, dia kena batunya.

Ant sendiri didirikan oleh Jack Ma karena pada masa silam, sedikit orang China punya kartu kredit bahkan debit, sehingga dibutuhkan metode pembayaran yang mudah untuk transaksi di Alibaba.

Ma pun menugaskan tim finansial Alibaba untuk menciptakan Alipay. Pada dasarnya, layanan ini berfungsi untuk menahan uang dari pembeli di Alibaba dan mengirimkannya pada penjual jika pembeli sudah menerima barang dan merasa puas dengannya. Awalnya, banyak yang meragukan tapi akhirnya sukses besar.

Saat ini, Alipay memiliki 711 juta user aktif bulanan dan menangani pembayaran senilai USD 17,2 triliun dalam setahun belakangan. Aplikasi mobile Alipay yang debut di 2009, punya pangsa pasar lebih dari 55%, mengalahkan platform Tencent. Tak heran jika perusahaan Jack Ma ini sangat diminati investor.



Simak Video "Dalam Semalam Harta Jack Ma Bertambah Rp 396 Triliun "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)