Persamaan Elon Musk dan Steve Jobs Hingga Sukses Besar

Persamaan Elon Musk dan Steve Jobs Hingga Sukses Besar

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 13 Nov 2020 22:00 WIB
SAN FRANCISCO - JANUARY 11:  Apple CEO Steve Jobs delivers a keynote address at the 2005 Macworld Expo January 11, 2005 in San Francisco, California.  (Photo by Justin Sullivan/Getty Images)
Kesamaan Elon Musk dengan mendiang Steve Jobs. Foto: Justin Sullivan/Getty Images
Jakarta -

Selain fakta bahwa Elon Musk dan Steve Jobs bergerak di bidang teknologi, ternyata ada salah satu kesamaan lain antara keduanya. Persamaan apa?

Mengutip Inc, beberapa tahun lalu Elon Musk sempat mengirimkan email kepada pekerja Tesla untuk membuat mereka berpikir bagaimana menjadikan perusahaan berbeda dengan perusahaan lainnya. "Kita jelas tidak bisa bersaing dengan perusahaan mobil besar dalam hal ukuran, kita harus melakukannya dengan kecerdasan dan kelincahan," tulis kekasih penyanyi Grimes ini.

Tapi kemudian ada yang menarik dari kalimat di badan email selanjutnya:

"Manajer harus bekerja keras untuk memastikan bahwa mereka tidak menciptakan silo dalam perusahaan yang menciptakan mentalitas kita vs. mereka atau menghalangi komunikasi dengan cara apa pun," tulisnya.

Begitu juga yang ternyata diterapkan oleh pendiri Apple Steve Jobs. Dalam biografi yang ditulis oleh Walter Isaacson, dia meggambarkan sosok Steve Jobs yang berhasil mengalahkan Walkman dengan iPod miliknya.

Mengapa [Sony] gagal? Sebagian karena itu adalah sebuah perusahaan, seperti AOL Time Warner, yang diorganisasikan ke dalam beberapa divisi (kata itu sendiri tidak menyenangkan) dengan keuntungan mereka sendiri; tujuan untuk mencapai sinergi di perusahaan semacam itu dengan mendorong divisi untuk bekerja sama biasanya sulit dipahami.

Jobs tidak mengatur Apple menjadi divisi semi-otonom; dia dengan ketat mengontrol semua timnya dan mendorong mereka untuk bekerja sebagai satu perusahaan yang kohesif dan fleksibel, dengan satu keuntungan dan kerugian.

Kesamaan di antaranya adalah tidak ada aturan silo di dalam perusahaan. Silo sendiri merupakan sikap di dalam departemen perusahaan yang cenderung tidak ingin berbagi informasi atau pengetahuan dengan individu lain dalam organisasi yang sama.

Mereka berdua percaya bahwa perusahaan bisa berkembang dengan adanya kerjasama di seluruh bagian, jadi tiada guna untuk merasa departemen satu lebih baik dari departemen lainnya.



Simak Video "Elon Musk Gejala Corona, Misi SpaceX Terancam Ditunda"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/ask)