Ponsel Samsung Rajai Pasar Eropa

Ponsel Samsung Rajai Pasar Eropa

Josina - detikInet
Selasa, 10 Nov 2020 10:00 WIB
A man walks behind a logo of Samsung Electronics at the companys headquarters in Seoul April 30, 2010.  REUTERS/Jo Yong-Hak/File Photo
Foto: Reuters
Jakarta -

Perusahaan riset Canalys telah merilis laporan baru yang menunjukkan kinerja produsen smarpthone utama di pasar Eropa.

Yang menjadi menarik adalah kinerja Huawei, produsen asal China ini telah mengalihkan fokus ke Eropa setelah AS menutup pasar Amerika Utara.

Namun, larangan yang mencegah Huawei untuk menggunakan Google Mobile Services tampaknya terus berdampak karena laporan tersebut menunjukkan Huawei mengalami penurunan hingga 31% dalam pertumbuhan tahunannya meskipun masih mempertahankan posisi keempat di pasar Eropa.

Samsung mempertahankan keunggulannya di pasar Eropa meskipun mencatat pertumbuhan tahunan tipis pada 3%. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini menguasai 34% pangsa pasar ponsel pintar Eropa. Sedangkan Apple berada di posisi kedua dengan perkiraan pangsa pasar 19% pada kuartal ketiga 2020.

Dilansir detiKINET dari Gizmochina, Selasa (10/11/2020) Xiaomi mempertahankan posisi ketiganya dengan perkiraan pangsa pasar 19% sama dengan Apple. Canalys melaporkan bahawa pangsa pasar Xiaomi mewakili pertumbuhan tahunan 91%.

Namun, pertumbuhan terbesar yang tercatat dalam laporan tersebut adalah kenaikan Oppo yang masuk ke dalam lima besar vendor ponsel Eropa dengan pangsa pasar 3%. Performa tersebut mewakili pertumbuhan tahunan Oppo sebesar 396%.

vendor smarpthone market europeFoto: Canalys

Di Eropa Barat, grafik tersebut masih sama dengan seluruh pasar Eropa tetapi sebagian besar penjualan Oppo tampaknya berasal dari Eropa Barat di mana pada wilayah tersebut tercatat pertumbuhan tahunan sebesar 942%.

Namun, Xiaomi muncul sebagai vendor smarpthone teratas di Spanyol dengan pangsa pasar 34%. Samsung menempati urutan kedua dengan 26% pangsa pasar sementara 15% untuk pangsa pasar Huawei dengan posisi ketiga.

Lalu Oppo melompat ke posisi keempat dengan pangsa pasar 8%, sementara Apple turun ke posisi kelima dengan pangsa pasar 7% pasca rilis iPhone 12 pada kuartal keempat.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)