Netizen Seantero Dunia Sambut Kemenangan Biden dari Trump di Pilpres AS

Netizen Seantero Dunia Sambut Kemenangan Biden dari Trump di Pilpres AS

Tim - detikInet
Minggu, 08 Nov 2020 07:23 WIB
Democratic presidential candidate former Vice President Joe Biden speaks, Friday, Nov. 6, 2020, in Wilmington, Del., as Democratic vice presidential candidate Sen. Kamala Harris, D-Calif., listens. (AP Photo/Carolyn Kaster)
Joe Biden. Foto: AP/Carolyn Kaster
Jakarta -

Netizen seantero dunia menyambut kemenangan Joe Biden dalam pemilihan presiden (Pilpres) Amerika Serikat mengalahkan inkumben Donald Trump. Ucapan selamat pun membanjiri media sosial.

Pantauan detikINET di Twitter pada Minggu pagi (8/11/2020), tidak hanya suka cita warga AS yang menghiasi linimasa. Warga dari berbagai negara pun ikut merasa senang atas kemenangan Biden dan Kamala Harris di Pilpres AS 2020. Tak pelak nama Biden pun terpampang dalam trending topic di Twitter.

Berikut sejumlah rangkuman keriuhan netizen sambut kemenangan Biden di medsos:




Diberitakan sebelumnya setelah berhari-hari penghitungan suara dan terlibat pertarungan yang sengit, capres Amerika Serikat (AS) dari Partai Demokrat, Joe Biden akhirnya memenangkan pemilihan presiden AS 2020. Biden menang usai meraup 290 electoral votes, menyusul kemenangan tipisnya di negara bagian Pennsylvania.

Seperti dilansir Fox News, Sabtu (7/11/2020), data penghitungan teranyar dari Fox News menunjukkan Biden menang atas petahana Donald Trump di Pennsylvania dengan meraih 49,7 persen suara, dengan Trump meraup 49,2 persen suara.

Biden dipastikan memenangi pilpres setelah dia diproyeksikan menang di Pennsylvania, yang memiliki 20 electoral votes. Biden juga diproyeksikan menang di Nevada, yang memiliki 6 electoral votes. Dengan tambahan 26 electoral votes dari dua negara bagian itu, maka Biden telah meraup 290 electoral votes sedangkan pesaingnya, Donald Trump baru meraup 214 electoral votes.

Jumlah itu telah melampaui ambang batas 270 electoral votes yang diperlukan -- dari total 538 electoral votes -- untuk bisa memenangkan pilpres AS.

Sebelumnya, ada lima negara bagian yang menjadi perebutan terakhir Biden dan Trump. Kelima negara bagian itu adalah: Nevada (6 electoral votes), Alaska (3 electoral votes), Georgia (16 electoral votes), North Carolina (15 electoral votes), dan Pennsylvania (20 electoral votes).



Simak Video "Trump: Saya Melawan Kandidat Terjelek di Sejarah Kepresidenan"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)