Apple Jadi Merek Paling Berharga, Amazon Tumbuh Luar Biasa

Apple Jadi Merek Paling Berharga, Amazon Tumbuh Luar Biasa

Adi Fida Rahman - detikInet
Kamis, 22 Okt 2020 07:32 WIB
Adelaide, Australia - September 23, 2013: Apple Store in Adelaide, Australia, with pedestrians passing by outside the store. It is the first Apple Store in South Australia. It is located at Rundle Mall, Adelaide.
Foto: Getty Images/ymgerman
Jakarta -

Interbrand kembali merilis daftar merek paling berharga di dunia. Apple didaulat berada di posisi pertama, sementara Amazon dianggap tumbuh luar biasa.

Apple diperkirakan bernilai USD 323 miliar. Perusahaan pembesut iPhone 12 ini tumbuh 38% sepanjang 2020.

Sementara di peringkat kedua ada Amazon dengan nilai USD 201 miliar. Perusahaan besutan Jeff Bezos itu juga dianggap paling pesat pertumbuhannya sebesar 60%.

Di peringkat ketiga ada Microsoft dengan nilai USD 166 miliar. Transformasi yang dilakukan Satya Nadella mampu membuat Microsoft tumbuh 53% di 2020.

Penurunan sebesar 1% bikin Google terdepak dari tiga besar. Raksasa pencarian internet ini kini bernilai USD 165 miliar.

Lanjut ke peringkat kelima ditempati oleh Samsung dengan nilai USD 62 miliar. Secara berurut di sepuluh besar ada Coca Cola, Toyota, Mercedes Benz, McDonalds dan Disney.

Interbrand turut mencatat, selain Amazon, Microsoft dan Apple, ada tujuh perusahaan yang tahun ini sangat bersinar. Mereka adalah Spotify, NEtflix, Adobe, PayPal, Salesforce.com. Nintendo dan Mastercard.

Tahun ini pula ada lima perusahaan pendatang baru dalam daftar Best Global Brands 2020. Dua di antaranya sempat pernah masuk beberapa tahun lalu, namun kemudian tersingkir.

Dua perusahaan yang dimaksud adalah Tesla (peringkat 40) dan Johnnie Walker (peringkat 98). Sementara sisanya adalah Instagram (peringkat 19), YouTube (peringkat 30) dan Zoom (peringkat 100) untuk pertama kalinya masuk dalam daftar perusahaan paling bernilai di dunia.



Simak Video "Deretan Raksasa Teknologi di AS yang Diklaim Nikmati Monopoli"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)