Microsot Diprediksi Caplok Nokia Lagi

Microsot Diprediksi Caplok Nokia Lagi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 09 Okt 2020 09:31 WIB
kantor microsoft
Kantor Microsoft. Foto: Filmateria Digital LLC
Jakarta -

Microsoft dahulu pernah membeli Nokia, tapi hanya divisi ponselnya, di tahun 2013 senilai USD 7 miliar. Nokia kemudian fokus pada bisnis infrastruktur telekomunikasi, bersaing dengan Huawei dan Ericsson. Nah kabarnya, Microsoft kembali berminat mencaplok Nokia secara penuh.

Biro riset CSS Insight memberi prediksi tentang tahun 2021 di mana salah satunya Nokia akan dibeli oleh raksasa teknologi Amerika Serikat, yaitu antara Microsoft atau Intel.

Menilik sejarah, pembelian divisi ponsel Nokia oleh Microsoft berujung gagal total. Walau sudah didukung Nokia, Windows Phone tetap tak mampu menanding iPhone dan Android. Tahun 2015, divisi ponsel itu dihapus Microsoft dan ribuan karyawannya kena PHK.

Nokia memang kembali ke bisnis ponsel, tapi hanya dengan memberi lisensi ke perusahaan HMD global. Daya tarik mereka saat ini adalah kekuatan di bisnis jaringan telekomunikasi. Minggu lalu, Nokia telah deal untuk menyediakan perangkat telekomunikasi bagi operator raksasa Inggris, British Telecom.

Dengan kekuatan uangnya, Microsoft mungkin takkan kesulitan mencaplok Nokia. Apalagi ada indikasi mereka semakin serius menggeluti bisnis telekomunikasi.

"Kami merasa bahwa Nokia bisa saja cukup rentan untuk (menjadi sasaran) akuisisi," cetus Kester Mann, analis di CSS Insight yang dikutip detikINET dari Forbes.

"Microsoft sungguh tertarik di dunia telekomunikasi. Tahun ini mereka mengakuisisi Metaswitch dan Affirmed Netrowk untuk mendapatkan beberapa keahlian di 5G dan kontak di industri. Kami percaya Nokia bisa menjadi target potensial bagi pihak seperti Microsoft," paparnya.

Faktor lainnya adalah Huawei sebagai pemimpin 5G dilarang membuat jaringan telekomunikasi di AS dan negara-negara sekutu. Dengan mencaplok Nokia, Microsoft bisa jadi alternatif yang kuat. Namun mungkin mereka akan bersaing dengan Intel untuk memperebutkan Nokia, di mana Intel juga intensif di ranah 5G.



Simak Video "Mantap! Pegawai Microsoft Boleh WFH Selamanya"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)