Pendapatan App Store Nyaris 2 Kali Google Play Store

Pendapatan App Store Nyaris 2 Kali Google Play Store

Josina - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 15:42 WIB
Ilustrasi Aplikasi
Foto: detikINET/Irna Prihandin
Jakarta -

Menurut data baru dari Sensor Tower, pendapatan App Store dilaporkan mencapai hampir dua kali lipat dari pendapatan Google Play Store pada kuartal ketiga 2020.

Berdasarkan perkiraan perkiraan, Sensor Tower melaporkan pengeluaran konsumen untuk pembelian seperti pembelian dalam aplikasi (in-app purcahse), langganan, dan pembelian aplikasi di App Store secara global mencapai USD 19 miliar, naik 31% dari tahun ke tahun.

Sebagai perbandingan, Google Play Store tumbuh 34% dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu dengan mencapai pendapatan senilai USD 10,3 miliar.

Secara keseluruhan pembeli aplikasi telah menghabiskan 32% atau lebih dari USD 22,2 miliar dari kedua toko aplikasi ini. Angka tersebut naik dibandingkan pada tahun lalu di periode yang sama. Lalu untuk angka penginstalan tumbuh 23,3% hingga mencapai 36,5 miliar kali.

Dilansir detiKINET dari Apple Insider sebagian besar pendapatan secara global Apple dicapai dengan pemasangan aplikasi yang jauh lebih sedikit.

App Store naik 2,5% dengan perkiraan 8,2 miliar pemasangan aplikasi, sementara pertumbuhan Google Play Store melonjak mencapai 28,3 miliar pemasangan aplikasi naik 31% dibanding tahun lalu.

Namun meski terdapat lonjakan besar pada pemasangan aplikasi, Android tertinggal jauh soal pendapatan dibanding iOS.

Sensor Tower pun berpendapat pandemi COVID-19 yang saat ini masih terus berjalan telah memberikan dampak positif untuk pasar aplikasi. Fenomena ini pertama kali terlihat pada kuartal kedua 2020 sekitar bulan Juli.

Pada aplikasi non-game, TikTok menjadi aplikasi media sosial dengan jumlah pendapatan tertinggi di kuartal ketiga. Diikuti oleh YouTube, Tinder, Tencent Video dan Disney+.

TikTok juga memimpin jumlah penginstalan tertinggi setelah itu baru Facebook, Zoom, WhatsApp dan Instagram.

Pada kuartal ketiga 2020 aplikasi game mengalami peningkatan. Dengan pendapatan gabungan dari App Store dan Google Play Store meningkat 26,7% atau senilai dengan USD 20,9 miliar.

App Store memimpin kategori game dan menghasilkan pendapatan sebanyak USD 12,4 miliar, naik 24% dari tahun lalu. Sedangkan Google Play Store menghasilkan pendaptan USD 8,5 miliar, naik 30,8% dibanding tahun lalu.

Laporan dari Sensor Tower ini hanyalah perkiraan penjualan dan pendapatan baik dari App Store dan Google Play Store.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)