Genjot Produksi iPhone 12, Pabrik Foxconn Beroperasi 24 Jam

Genjot Produksi iPhone 12, Pabrik Foxconn Beroperasi 24 Jam

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 30 Sep 2020 17:53 WIB
Foxconn
Genjot Produksi iPhone 12, Pabrik Foxconn Beroperasi 24 Jam (Foto: Internet)
Jakarta -

Pabrik iPhone terbesar di dunia mulai menggenjot produksi iPhone 12 menjelang peluncuran yang diprediksi tidak lama lagi. Pabrik Foxconn yang berada di Zhengzhou, China tersebut bahkan beroperasi 24 jam untuk mengebut produksi.

Untuk memastikan kelancaran produksi, pabrik tersebut bahkan melarang pegawainya untuk libur dan mewajibkan mereka untuk lembur dengan iming-iming bonus untuk pegawai yang telah lama bekerja, berdasarkan informasi dari pegawai, iklan lowongan kerja dan media lokal.

Seorang pegawai bernama Wang Guofeng mengatakan kerja lembur sudah mulai ditingkatkan sejak musim panas dan sebagian besar pegawai hanya boleh mengambil libur empat hari dalam sebulan.

"Kalian bisa mendapatkan 5.000 hingga 6.000 Yuan (Rp 10-13 juta) per bulan, dan jika kalian bekerja di pabrik selama lebih dari 90 hari ada gaji spesial," kata Wang seperti dikutip detikINET dari South China Morning Post, Rabu (30/9/2020).

Pegawai yang mulai bekerja setelah 18 September, bekerja setidaknya 55 hari dan bertahan selama 90 hari ditawari bonus sebesar 10.000 Yuan. Untuk mereka yang bergabung setelah 26 September akan mendapat bonus sebesar 8.500 Yuan. Pegawai pabrik juga bisa mengantongi bonus tambahan 500 Yuan jika berhasil merujuk pegawai baru.

Pegawai lainnya dengan nama marga Ma mengatakan Foxconn mulai mengenalkan shift malam, dengan produksi yang terus berjalan selama 24 jam sehari.

"Kami sangat sibuk selama beberapa minggu terakhir karena iPhone 12," kata Ma.

Banyak pegawai diminta untuk membatalkan rencana liburan mereka menjelang Festival Musim Gugur dan Hari Nasional yang jatuh pada minggu ini untuk memastikan kelancaran pengiriman iPhone baru.

"Beberapa orang mau melakukannya karena berdasarkan hukum ketenagakerjaan China, gaji meningkat tiga kali lipat di tiga hari pertama (Festival Musim Gugur)," kata seorang pegawai yang menolak disebutkan namanya.

Apple dikabarkan akan mulai mengapalkan iPhone 12 kepada distributor pada 5 Oktober, dengan event peluncuran yang dirumorkan akan berlangsung pada 13 Oktober.

Perusahaan besutan Steve Jobs itu dikabarkan akan meluncurkan empat model iPhone 12 dengan tiga ukuran layar yaitu iPhone 12 mini (5,4 inch), iPhone 12 (6,1 inch), iPhone 12 Pro (6,1 inch) dan iPhone 12 Pro Max (6,7 inch).

iPhone 12 mini dan iPhone 12 yang lebih terjangkau disebut akan mulai dijual lebih dulu, sedangkan iPhone 12 Pro dan Pro Max yang lebih mahal dirumorkan baru akan dijual pada November.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)