Open Source Tercanggih di Dunia Janjikan Solusi Masa Depan

Open Source Tercanggih di Dunia Janjikan Solusi Masa Depan

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 27 Sep 2020 10:15 WIB
Online education concept with person using a laptop on a white table
Open Source Tercanggih di Dunia Janjikan Solusi Masa Depan. Foto: Getty Images/iStockphoto/Melpomenem
Jakarta -

Di era ketika hampir semua bidang bergantung pada teknologi, platform open source menjadi pilihan yang kian dipromosikan. Software open source sering disebut menjanjikan kemandirian, kedaulatan, dan kebebasan dalam mengadopsi teknologi.

Disebutkan Julyanto Sutandang, CEO Equnix Business Solutions, perusahaan lokal penyedia solusi IT berbasis software open source, dengan semua keunggulannya tersebut, platform open source menjadi solusi masa depan.

"Selain efisiensi, open source terutama memungkinkan kita mengadopsi teknologi apapun secara bebas dan mandiri serta future proof," sebutnya seperti dikutip dari keterangan resmi Equnix.

"Apalagi Indonesia seperti yang baru disampaikan Menkeu Sri Mulyani, sedang menghadapi krisis ekonomi dengan prediksi pertumbuhan minus 1,7 hingga 0,6% di tahun 2020 ini, tentunya ini saatnya bagi banyak Korporasi besar untuk mulai lebih memanfaatkan open source sebagai solusi tersebut", kata Julyanto lebih lanjut.

Berbicara tentang semua keunggulan open source, Julyanto menyinggung perilisan PostgreSQL 13. Dibandingkan pendahulunya, seri terbaru dari software database open source PostgreSQL ini tentunya menghadirkan kinerja yang lebih maksimal.

"Inovasi yang dibawa oleh setiap rilis versi terbaru dengan reputasinya dalam menjaga integritas data, keandalan dan kinerja tinggi, menjadi alasan mengapa lebih banyak orang memilih menggunakan PostgreSQL untuk mendukung aplikasi mereka," ujarnya.

Diklaim sebagai open source tercanggih di dunia, disebutkan Julyanto bahwa PostgreSQL 13 adalah buah kolaborasi dan dedikasi komunitas global dalam memajukan kemampuan database relasional open source paling mumpuni.

Keunggulan PostgreSQL 13

Berbagai keunggulan yang dibenamkan di PostgreSQL 13 mencakup peningkatan signifikan pada sistem pengindeksan dan pencariannya yang menguntungkan bagi database besar, penghematan ruang, dan peningkatan kinerja untuk indeks, waktu respons yang lebih cepat untuk query yang menggunakan agregat atau partisi, perencanaan query yang lebih baik saat menggunakan statistik yang ditingkatkan, dan banyak lagi, termasuk dalam 4 hal berikut:

  • Kemajuan kinerja berkelanjutan
  • Pengoptimalan administrasi
  • Kenyamanan dalam pengembangan aplikasi
  • Peningkatan keamanan

"PostgreSQL memberikan pengalaman manajemen data yang lebih baik untuk beban kerja besar, dengan pengoptimalan untuk administrasi transaksi finansial enterprise, keamanan lebih baik dan kinerja yang tinggi. PostgreSQL adalah hasil pengembangan global secara berkesinambungan lebih dari 25 tahun," tutup Julyanto.



Simak Video "i-Boat, Kapal Tanpa Awak Buatan Anak Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)