Grab Buka Kelas Fotografi Digital hingga Desain Kemasan buat UMKM

Grab Buka Kelas Fotografi Digital hingga Desain Kemasan buat UMKM

Alfi Kholisdinuka - detikInet
Jumat, 11 Sep 2020 15:42 WIB
Grab Indonesia
Foto: Dok. Grab Indonesia
Jakarta -

Grab Indonesia mengumumkan peluncuran program Kelas #TerusUsaha yakni pelatihan gratis bagi jutaan UMKM di Indonesia untuk meningkatkan keterampilan digital. Bekerja sama dengan 3 pakar, program ini dilakukannya untuk mempercepat proses digitalisasi UMKM Indonesia agar dapat bertahan dan bersaing di tengah pandemi.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan dengan kembali diperketatnya pergerakan dan aktivitas masyarakat di berbagai daerah, layanan digital akan terus diandalkan. Oleh karena itu, kelas ini dihadirkan dengan fokus pada berbagai pengetahuan praktis yang dapat langsung diterapkan oleh UMKM agar mereka dapat naik kelas dan bersaing di tengah pandemi ini.

"Lewat inisiatif komprehensif yang terus kami luncurkan khusus bagi UMKM melalui semangat #TerusUsaha, kami percaya dapat mempercepat transformasi UMKM dari bisnis tradisional menjadi usaha digital mengingat UMKM berperan besar bagi ekonomi Indonesia," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (11/9/2020).

Diketahui, kelas #TerusUsaha akan dibagi menjadi 3 sesi dalam 3 minggu ke depan. Hadir setiap Jumat pada pukul 19.00 WIB, UMKM dapat bergabung di kanal Instagram dan YouTube Grab Indonesia dan belajar tentang berbagai hal seperti, fotografi, desain logo kemasan hingga media sosial berikut ini detailnya:

1. Kelas Fotografi & Videografi

Visual pastinya menjadi bagian penting untuk menarik minat pelanggan. Kelas ini akan dilakukan pada Jumat, 11 September 2020, di mana UMKM akan belajar cara memaksimalkan handphone untuk foto produk dari rumah, termasuk mengenal fitur-fitur yang ada di kamera handphone, pencahayaan, komposisi, cara mengedit foto, angle foto yang menarik dan masih banyak lagi.

2. Kelas Desain Logo dan Kemasan

Kelas ini akan digelar Jumat, 18 September 2020, UMKM akan kembali diajak belajar tentang pentingnya logo, cara membuat logo sesuai anggaran, pertimbangan memilih kemasan produk yang sesuai, keterangan yang diperlukan dalam suatu kemasan produk, tren kemasan dan juga cara mengaplikasikannya dalam usaha mereka.

3. Kelas Media Sosial

Media sosial pasti menjadi andalan UMKM untuk berjualan, tapi belum semua UMKM bisa memaksimalkan fitur media sosial mereka. Kelas yang akan dilakukan pada Jumat, 25 September 2020 ini akan fokus pada berbagai hal yang harus dipertimbangkan saat membuat media sosial untuk usaha, cara menciptakan konten yang menarik, tips menumbuhkan jumlah followers, cara beriklan yang efektif, cara membuat caption yang kreatif dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, Grab juga akan memilih ratusan UMKM dengan konten iklan menarik setiap minggunya untuk dipromosikan di media sosial dan kanal digital Grab. UMKM hanya perlu membuat iklan berdurasi 15 detik, mengunggahnya di feed Instagram mereka, dengan menggunakan #TerusUsaha dan tag akun @GrabID.

Iklan dapat berupa kumpulan foto maupun video. 3 peserta terpilih dengan iklan paling menarik juga akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti mentoring pribadi dengan 3 pembicara di atas.

Setiap minggu, Grab juga akan berbagi 1001 tips #TerusUsaha untuk membantu UMKM mengembangkan bisnisnya, yang dapat dilihat pada akun media sosial Grab. Ke depannya, masih akan ada beragam inisiatif dan program lain yang akan membantu mempercepat digitalisasi UMKM dan membantu mereka ambil bagian dalam ekonomi digital.

(prf/fay)