Spotify Ajukan Paten Fitur Mirip TikTok

Spotify Ajukan Paten Fitur Mirip TikTok

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 06 Sep 2020 15:33 WIB
NEW YORK, NY - JUNE 27:  A woman walks through a hallway at Spotify offices following a press conference on June 27, 2013 in New York City. Spotify will add 130 tech and engineering jobs in New York and expand to a new office in the Chelsea neighborhood of Manhattan.  (Photo by Mario Tama/Getty Images)
Spotify Ajukan Paten Fitur Mirip TikTok. Foto: Mario Tama/Getty Images
Jakarta -

Spotify dilaporkan mengajukan sebuah paten. Yang menarik, paten ini memungkinkan penggunanya membuat "video momen" yang terkait dengan musik di Spotify, mirip TikTok.

Dikutip detikINET dari Seeking Alpha, video pendek yang dilindungi paten ini nantinya akan dapat dibagikan di luar aplikasi Spotify, dan dapat dicari dengan lagunya sendiri.

"Penerima video dapat mendengar audio clip yang dikombinasikan dengan konten video, dan juga melihat metadata lagu untuk menentukan nama lagu dan artis yang digunakan dalam video, atau secara opsional mengakses lagu di server media, untuk didengarkan lebih lanjut oleh penerima," demikian penggalan pengajuan paten tersebut.

Sepertinya Spotify menggunakan kekuatannya untuk menyaingi keunggulan TikTok. Spotify adalah raksasa streaming musik yang dikenal dengan kualitas audio dan pustaka musik yang luas serta fitur identifikasi lagu yang kuat, sementara TikTok disukai karena video-video pendek yang menarik dan menghibur.

Pengamat menilai, pengajuan paten ini merupakan indikasi bahwa strategi video Spotify berkembang dengan cepat dan menjanjikan potensi Spotify menjadi aplikasi streaming musik yang lebih sosial.

Kenapa? Karena jika paten ini dikabulkan dan digunakan, nantinya pengguna yang menelusuri lagu juga dapat menemukan video pengguna yang menampilkan musik tersebut dan Spotify juga memiliki fungsi media sosial.

Simak juga video 'Langganan Netflix hingga Spotify Kena Pajak 10% Mulai 1 Agustus':

[Gambas:Video 20detik]



(rns/rns)