Kurang dari Setahun Menjabat, CEO HTC Undur Diri

Kurang dari Setahun Menjabat, CEO HTC Undur Diri

Rachmatunnisa - detikInet
Sabtu, 05 Sep 2020 16:45 WIB
HTC
Yves Maitre mengundurkan diri sebagai CEO HTC. Foto: Engadget
Jakarta -

HTC mengumumkan Presiden dan CEO Yves Maitre mengundurkan diri karena alasan personal. Padahal, Maitre belum genap setahun menjabat.

Dikutip dari detikINET dari Engadget, sebagai gantinya, bos HTC lainnya yang juga salah satu pendiri HTC, Cher Wang, kembali menduduki posisi CEO.

"Pembatasan perjalanan internasional yang ketat karena pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung berdampak pada sang eksekutif yang berasal dari Prancis, menghabiskan sebagian besar waktunya selama sebelas bulan terakhir jauh dari keluarganya di Eropa. Karenanya, dewan direksi menerima pengunduran diri Maitre," kata HTC.

Di bawah kepemimpinan Maitre, HTC mendorong kehadiran teknologi virtual reality (VR) dengan memperluas lini produk headset Vive Cosmos, bahkan membuat generasi terbaru perangkat ini lebih ringkas.

Strategi ini diikuti dengan peluncuran Vive XR Suite untuk memfokuskan perangkat VR-nya pada sektor bisnis. HTC juga akhirnya merilis smartphone 5G pertamanya, HTC U20 di tahun ini.

Memang terlalu dini untuk menilai kepemimpinan Maitre karena terbilang singkat. Namun para analis menilai mantan eksekutif operator telekomunikasi Orange ini tidak dapat mengubah keadaan perusahaan.

Pada kuartal kedua 2020, HTC memperlihatkan kerugian kuartalan kesembilan secara berturut-turut yang menelan biaya USD 62 juta. Angka kerugian ini juga melonjak dari kerugian kuartal sebelumnya sebesar USD 57 juta.

Sekarang, setelah Wang kembali bertugas, dia tak hanya harus mengurus masalah keuangan, tetapi juga harus berjuang meneruskan ekspansi headset VR generasi berikutnya. Pada saat yang sama, Wang juga perlu memastikan bahwa bisnis smartphone HTC yang tersisa masih akan berlanjut.



Simak Video "52 Ponsel Ini Tidak Bisa Gunakan WhatsApp Dengan Aman"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/agt)