Apple Beli Startup VR, Mau Bikin Apa?

Apple Beli Startup VR, Mau Bikin Apa?

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 25 Agu 2020 15:16 WIB
virtual reality
Apple Beli Startup VR, Mau Bikin Apa? Foto: 9to5Mac
Jakarta -

Apple mengakuisisi startup bernama Spaces. Yang menarik, startup ini punya tim khusus untuk mengembangkan teknologi virtual reality (VR). Kira-kira buat apa ya Apple membeli startup ini?

Spaces didirikan di tahun 2016 oleh jebolan DreamWorks Animation. Sejak saat itu, startup ini telah mengembangkan berbagai produk VR, termasuk add-on Zoom yang memungkinkan pengguna melakukan video call virtual reality menggunakan animasi avatar.

Dikutip dari 9to5Mac, Spaces kemudian tiba-tiba menghentikan semua layanannya pada pekan lalu tanpa penjelasan. Website resmi Spaces hanya menyebutkan bahwa startup mereka saat ini bersiap menuju arah yang baru.

"Terima kasih kepada semua pengguna dan mitra kami yang berpartisipasi menggunakan video conference VR, dan kepada banyak orang yang menikmati hiburan berbasis VR-location di taman bermain, bioskop, dan banyak lagi," tulisnya.

Baik Apple maupun Spaces tidak merespons laporan terkait akuisisi tersebut. Tidak diketahui pula berapa harga yang dibayarkan Apple untuk meminang Spaces.

Meski tidak ada kepastian bahwa tim di balik Spaces akan bergabung dengan proyek terkait VR di Apple, rumor menyebutkan bahwa Apple sedang mengerjakan headset AR dan VR untuk tahun 2021 dan 2022.

Bloomberg menyebutkan, headset VR tersebut akan menampilkan layar resolusi tinggi dan sistem speaker sinematik yang akan menyulitkan pengguna melihat perbedaan antara kehidupan nyata dan pengalaman virtual.

Mengingat Apple terus berinvestasi pada ARKit dan fitur-fitur baru seperti LiDAR scanner di iPad Pro 2020, masuk akal jika menebak bahwa semua teknologi ini akan digabungkan menjadi produk baru yang menawarkan kemampuan augmented reality dan virtual reality yang canggih.



Simak Video "Tampilan Baru Apple Watch 6 dan SE Bergaya Solo Loop"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)