Trump Dukung Oracle Caplok Bisnis TikTok

Trump Dukung Oracle Caplok Bisnis TikTok

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 20 Agu 2020 14:00 WIB
SAN FRANCISCO, CA - SEPTEMBER 28:  Oracle Executive Chairman of the Board and Chief Technology Officer, Larry Ellison, delivers a keynote address during the 2014 Oracle Open World conference on September 28, 2014 in San Francisco, California.  Ellison kicked off the week-long Oracle Open World conference that runs through October 2. (Photo by Kimberly White/Getty Images)
Trump Dukung Oracle Beli Bisnis TikTok Foto: Reuters
Jakarta -

Beberapa waktu yang lalu Oracle ikut menyatakan niatnya ingin membeli TikTok. Kini raksasa software itu mendapat dukungan dari orang nomor satu di Amerika Serikat yaitu Presiden Donald Trump.

Saat ditanya apakah Oracle akan menjadi pembeli yang tepat untuk mengakuisisi TikTok, Trump mengatakan perusahaan yang didirikan oleh Larry Ellison itu adalah perusahaan yang hebat.

"Saya pikir Oracle adalah perusahaan yang hebat, dan saya rasa pemiliknya adalah orang yang sangat hebat. Ia adalah orang yang sangat hebat," kata Trump saat berbicara di sebuah event di Yuma, Arizona, seperti dikutip detikINET dari CNBC, Kamis (20/8/2020).

"Saya rasa Oracle adalah orang yang bisa menanganinya. Ya. Kita memberikan mereka waktu sampai 15 September," sambungnya.

Tidak diketahui berapa banyak dana yang siap dikucurkan Oracle untuk membeli bisnis TikTok di AS. Tapi beberapa pemegang saham ByteDance memperkirakan valuasi bisnis global TikTok di angka USD 50 miliar.

Keinginan Oracle untuk membeli TikTok juga melibatkan perusahaan pemodal ventura asal AS Sequoia Capital dan General Atlantic, yang merupakan pemegang saham di ByteDance. Sama seperti Microsoft, Oracle juga berniat mengakuisisi bisnis TikTok di Kanada, Australia dan Selandia Baru.

Saat ditanya perusahaan mana yang ia ingin lihat menjadi pemilik baru TikTok, Trump tidak menjawab. Ia justru menekankan peran besar pemerintah AS yang memungkinkan pembicaraan akuisisi ini.

"Saya rasa Microsoft menginginkannya dan Oracle juga, dan mungkin orang lain, tapi mereka juga harus memastikan Amerika Serikat mendapatkan kompensasi yang cukup karena kami yang membuatnya terwujud," kata Trump.

"Sangat sederhana. Kami adalah pihak yang bisa mewujudkannya. Kementerian Keuangan kami harus diberi kompensasi yang baik," sambungnya.

Dukungan Trump kepada Oracle sebenarnya tidak mengejutkan, pasalnya Ellison adalah sosok yang dekat dan merupakan pendukung Trump. Pada awal tahun ini, Ellison mengadakan penggalangan dana untuk biaya kampanye Trump.

Microsoft dan Oracle diberikan waktu hingga 15 September untuk menyelesaikan negosiasi dengan ByteDance soal divestasi TikTok. Tapi baru-baru ini Trump memperpanjang nafas TikTok dan memberikan ByteDance waktu hingga 20 November untuk menyelesaikan penjualan atau TikTok dan semua bisnis ByteDance akan diblokir di AS.



Simak Video "Sebentar Lagi Bisa Main Game di TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)