Customer Data Architecture, Solusi Jitu Perusahaan Dekat dengan Konsumen

Customer Data Architecture, Solusi Jitu Perusahaan Dekat dengan Konsumen

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 15 Agu 2020 18:01 WIB
Accenture
Foto: Internet
Jakarta -

Accenture berkolaborasi dengan Google Cloud menghadirkan arsitektur data pelanggan atau Customer Data Architecture (CDA), solusi bagi perusahaan yang saat ini dituntut untuk melakukan pendekatan kepada pelanggan mereka yang mana semakin terfragmentasi.

Tantangan lainnya yang dihadapi perusahaan, misalnya desentralisasi data, ekosistem yang terfragmentasi, pengalaman pelanggan yang terputus-putus, dan teknologi. Apalagi kondisi pandemi Corona sekarang ini semakin menuntut perusahaan untuk berinovasi.

Dengan CDA, Accenture mengatakan, memungkinkan personalisasi dan pemasaran berpusat pada audiens secara real-time di seluruh saluran dengan memanfaatkan data pelanggan serta perusahaan terintegrasi.

Disebutkan pula, solusi ini menggabungkan data Google Marketing Platform dengan sumber daya perusahaan lainnya untuk menemukan wawasan yang lebih dalam, yang mana hal itu untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan.

Kondisi pandemi Corona yang terjadi saat ini, Digital Marketing Lead Accenture Nathan Raward mengungkapkan, hal itu memaksa para pemasar memikirkan ulang strategi mereka dalam meng-engagement dengan konsumen seiring tingkat adopsi digital yang meningkat.

Berdasarkan riset internal, sebanyak 17% Chief Marketing Officer (CMO) mengubah perilaku pemasaran mereka dan menyesuaikannya dengan kondisi new normal yang berlaku saat ini.

Dengan demikian, perusahaan yang dipimpin CMO ini disebut Accenture tetap dapat memberikan pengalaman pelanggan relevan. Namun, CMO ini tidak menghabiskan anggaran iklan signifikan, melainkan melakukan inovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

"Customer Data Architecture memberikan penawaran yang dapat diselaraskan dalam tiga area utama, yaitu memungkinkan interaksi pelanggan multi-saluran, meningkatkan manajemen data, dan membuat layanan untuk hiper-personalisasi dalam pemasaran, penjualan, dan layanan," ujar Nathan.

Melalui CDA, Accenture mengklaim suatu bisnis mendapatkan pandangan menyeluruh akan pelanggan mereka. Selain itu juga, mampu memutuskan saluran komunikasi terbaik lewat transformasi data dan analitik tingkat lanjut.

Sementara itu, Markets Lead Accenture di Indonesia Bhavana Vatvani menjelaskan, seperti yang diumumkan pada Google Cloud Summit di Jakarta pada tahun lalu, solusi CDA menjadi bukti komitmen kedua perusahaan teknologi ini.

"Accenture Google Cloud Business Group (AGBG) menggabungkan desain dan inovasi yang berpusat pada manusia dari Google dan Accenture Intelligence untuk membantu klien kami di Indonesia," sebutnya.



Simak Video "Google Optimistis Pandemi Covid-19 Jadi Motivasi Percepat Digitalisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/asj)