Aptiknas Manfaatkan Blockchain Mengamankan Data Anggota

Aptiknas Manfaatkan Blockchain Mengamankan Data Anggota

Adi Fida Rahman - detikInet
Sabtu, 04 Jul 2020 21:26 WIB
ilustrasi blockchain
Ilustrasi blockchain. Foto: Internet
Jakarta -

Asosiasi Pengusaha Teknologi informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) memanfaatkan blockchain untuk pencatatan anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia. Upaya tersebut dirasa memudahkan sekaligus menjamin data lebih aman.

Aptiknas memanfaatkan aplikasi berbasis blockchain bernama Trusti. Jadi ketika memasukkan nama dan nomor keanggotaan di jaringan blockchain, akan menghasilkan sebuah barcode file yang nantinya ditempel ke Kartu Tanda Anggota (KTA).

"Pencatatan KTA melalui Trusti sangat membantu kami dalam mengefisiensikan proses pencatatan anggota kami, karena sampai dengan saat ini anggota Aptiknas telah berada di 29 Dewan Pengurus Daerah (DPD) se Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Semoga kedepannya teknologi ini bisa kita manfaatkan untuk aspek lainnya", ujar Ketua Umum Aptiknas Soegiharto Santoso atau kerap disapa Hoky.

Trusti sendiri merupakan aplikasi blockchain yang berspesialis pada notarisasi berkas. Merupakan karya pengembang aplikasi asal Yogyakarta bernama Damos Hanggara.

AptiknasAsosiasi Pengusaha Teknologi informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Foto: Aptiknas

Dengan menggunakan platform Vexanium, aplikasi ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai data di jaringan blockchain untuk dapat divalidasi dan diotentikasi keasliannya. Karena itu pula Aptiknas menjadi asosiasi pertama di Indonesia yang menginisiasi Blockchain Certificate bersama platform Vexanium

Hoky menuturkan pencatatan KTA Aptiknas baru langkah awal dari inisiasi sertifikasi blockchain yang dilakukan oleh Aptiknas. Sebagai aplikasi gratis yang bisa digunakan oleh semua orang secara global, masih banyak hal dan kemungkinan yang bisa dicapai dengan menggunakan aplikasi berbasis blockchain ini, seperti sertifikasi PDF, audit jejak, verifikasi dokumen, auditabilitas forensik dan masih banyak lagi fitur-fitur lainnya.

"Ke depan tentunya kita akan melihat lebih banyak lagi pengaplikasian dari teknologi ini di berbagai bidang dan industri. Ditambah lagi semua orang sekarang bisa membuat dan menggunakan aplikasi berbasis blockchain," pungkas Hoky.



Simak Video "Perkenalkan Blockchain, Teknologi Baru yang Masih Sedikit Diketahui Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)