Tips Supaya Usaha Nggak Anjlok Saat Pandemi Corona

Tips Supaya Usaha Nggak Anjlok Saat Pandemi Corona

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 17 Jun 2020 17:51 WIB
Ilustrasi belanja
Tips dari Gojek supaya tetap bertahan di tengah krisis pandemi COVID-19. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Gojek sudah berdiri lama dan berhasil menjadi salah satu decacorn yang ada. Mereka pun berbagi cara tetap bertahan selama pandemi COVID-19.

Bahari CK, VP of Creative Labs Gojek Kreatif menjelaskan banyak hal yang sebenarnya bisa dipelajari dari perjalanan panjang Gojek.

"Itu adalah hal panjang untuk diskusi membahas kreativitas, tapi ini hal yang bisa diingat terutama di masa pandemi ini. Karena Gojek tidak cuma menghadapi krisis dari pandemi saja," ujarnya dalam konferensi pers 'Gojek Xcelerate', Rabu (17/5/2020)

Kuncinya adalah adaptasi yang dijabarkan dalam tiga hal untuk mendapatkannya.

"Kita tidak bisa melakukan hal yang biasa kita lakukan, atau kita bisa melakukannya dengan menambahkan hal baru," sambungnya.

Pertama, ialah empati terhadap audiens, di mana kita harus mencari tahu apa yang dibutuhkan mereka. Perlu dicatat, lakukan riset sendiri karena tiap brand atau merk memiliki kebutuhan audiens yang berbeda.

"Kita harus punya empati terhadap audiens. Bagaimana kita mengetahui apa yang mereka butuhkan? Listen to them. Cara terbaik berbicara dengan mereka lewat sosial media, lakukan personally, apalagi di momen pandemi seperti ini," saran Bahari.

Nah, akan tetapi jangan berikan apa yang sudah pasti mereka butuhkan saat pandemi atau hal lainnya yang yang kalian tahu akan dilakukan oleh banyak orang. Jika memang brand yang kamu jalani berada di kategori yang umum dibutuhkan saat pandemi maka langkah terakhir adalah dengan menambahkan value atau nilai.

Bahari memberikan formula untuk membuat kamu bisa menambahkan nilai pada usaha yang kamu jalani. Cukup dengan kalimat sederhana: My brand is more ... than other competitor.

"Kamu bisa menjadi lebih cepat, apakah komunikasi yang cepat. Mungkin lebih aman, karena pandemi orang lebih sering memperhatikan keamanan, hal yang serius. Atau mungkin titik-titik ini bisa diisi dengan 'fun', entah dari produk yang fun atau cara kamu berkomunikasi dengan konsumen di media sosial. Ini hal yang selalu kita lakukan di Creative Labs," tandasnya.



Simak Video "Tantangan Gojek Kibarkan Startup di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)