Facebook dan Paypal Jadi Investor Gojek

Facebook dan Paypal Jadi Investor Gojek

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 03 Jun 2020 09:21 WIB
Gojek, Kantor Gojek, Ilustrasi Gojek
Kantor Gojek. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Gojek mengumumkan bahwa Facebook dan PayPal resmi menjadi investor di dalam penggalangan dana perseroan putaran terkini. Keduanya adalah nama baru di deretan penanam dana Gojek.

Selain itu, di penggalangan dana putaran yang sama, Google dan Tencent kembali menambah investasi setelah kedua perusahaan itu menanamkan investasi di Gojek pada penggalangan dana putaran sebelumnya. Tidak disebutkan berapa nilai investasi mereka.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, bergabungnya Facebook dan PayPal sebagai investor, menyusul Google dan Tencent, mendukung Gojek dalam misi mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Asia Tenggara, dengan fokus pada layanan pembayaran dan keuangan.

Menurut Gojek, sumber daya perusahaan teknologi terbesar di dunia ini akan disinergikan dengan teknologi, pendekatan, dan fokus lokal Gojek guna mendorong adopsi sistem pembayaran digital secara cepat sehingga bermanfaat bagi jutaan usaha dan orang di Indonesia dan Asia Tenggara.

Layanan pembayaran digital dari Gojek, yaitu GoPay, sejak lama berfokus untuk meningkatkan akses ekonomi digital bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Bergabungnya Facebook, PayPal, Google dan Tencent merupakan pengakuan di mana perusahaan teknologi paling inovatif di dunia melihat dampak positif Gojek terhadap Indonesia dan Asia Tenggara," cetus Co-CEO Gojek, Andre Soelistyo.

"Dengan bekerja sama, kami memiliki kesempatan untuk mencapai sesuatu yang betul-betul unik seiring dengan upaya kami mendukung lebih banyak digitalisasi di dunia usaha dan memastikan jutaan pelanggan mendapat manfaat dari ekonomi digital," tambahnya.

Gojek adalah perusahaan Indonesia pertama yang menerima investasi dari Facebook, seiring dengan keinginan Facebook menciptakan peluang bagi dunia bisnis di Indonesia, termasuk melalui layanan instant messaging yang sudah digunakan secara luas yakni WhatsApp.

Adapun Matt Idema, Chief Operating Officer, Whatsapp, mengatakan bahwa Gojek, WhatsApp, dan Facebook adalah layanan yang penting di Indonesia. "Melalui kerja sama, kita bisa membantu jutaan UMKM dan pelanggannya untuk bergabung di komunitas ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara," katanya.



Simak Video "Kolaborasi dengan Gojek, Transaksi Paypal Bakal Bisa Lewat Gopay "
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)