Ada Corona, Pembelian Toko Online Bergeser ke Produk Ini

Ada Corona, Pembelian Toko Online Bergeser ke Produk Ini

Fino Yurio Kristo - detikInet
Sabtu, 04 Apr 2020 19:31 WIB
ilustrasi smartphone
Ilustrasi. Foto: Unspslah
Jakarta -

Wabah virus corona membuat banyak orang berdiam diri di rumah sehingga toko online menjadi salah satu pilihan untuk berbelanja. Hal itu juga dialami oleh Lazada.

"Seiring dengan meluasnya penerapan physical distancing, memang belanja online menjadi satu alternatif bagi banyak orang," cetus Ferry Kusnowo, Chief Customer Experience Officer Lazada dalam keterangannya.

Ia melihat pembelian konsumen bergeser ke produk yang sifatnya adalah kebutuhan. "Kami melihat kebanyakan pembelian bergeser dari keinginan (wants) menjadi kebutuhan (needs). Permintaan tertinggi umumnya ada di produk-produk sehari-hari (home care) dan kesehatan seperti vitamin dan produk-produk pencegahan penyakit," tambah dia.

Di sisi lain, diakui ada tantangan tersendiri soal logistik karena gangguan yang terjadi akibat pandemik corona. Konsumen diharapkan terus memantau pengiriman barang.

"Keterlambatan dapat terjadi karena situasi yang terus berubah. Untuk itu kami selalu sarankan untuk terus memonitor perjalanan pengiriman paket di aplikasi kami terutama untuk pengiriman ke daerah-daerah yang mungkin terdampak," tambah Ferry.

Lazada seperti beberapa toko online lain juga mengklaim aktif memantau penjualan produk kesehatan yang banyak dibutuhkan. Misalnya masker atau hand sanitizer.

"Apabila kami menemukan penjual yang menerapkan harga produk melebihi kewajaran, maka Lazada akan memberikan peringatan kepada penjual tersebut, apabila tidak segera dilakukan penyesuaian, maka produk tersebut akan kami turunkan dari platform kami," sebutnya.

Selain itu, diawasi pula para penjual yang mempromosikan produk dengan memberikan janji berlebihan, seperti masker anti Corona, obat penyembuh Corona, dan lainnya. Listing tersebut akan diturunkan dari platform.



Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)