Dukung Social Distancing, Startup Ini Rilis Digital Onboarding

Dukung Social Distancing, Startup Ini Rilis Digital Onboarding

Agus Tri Haryanto - detikInet
Jumat, 03 Apr 2020 13:25 WIB
smartphone
Startup Ini Rilis Digital Onboarding (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Di tengah pandemi virus corona saat ini, penyedia jasa keuangan ditantang agar bisa mengimplementasikan solusinya agar bisnis tetap berjalan.

PT Asli Rancangan Indonesia (Asli RI) merilis aplikasi Digital Onboarding dengan verifikasi biometrik dan liveness test untuk penyedia jasa keuangan menjaga onboarding new clients tetap berjalan.

Di sektor jasa keuangan, istilah digital onboarding mengacu para proses pengajuan pembuatan rekening secara daring melalui website ataupun aplikasi di smartphone.

"Dengan aplikasi ini, bisnis penyedia jasa keuangan dapat terus berjalan, menjalankan onboarding new clients tanpa harus bertemu dan tetap dapat menekan fraud dan NPL rendah, sehingga dalam masa social distancing, #DiRumahAja, maupun work from home, bisa dapat terus berjalan," tutur Komisaris Asli RI Robert Rompas dalam keterangan tertulisnya.

Asli RI menawarkan proses digital onboarding yang diklaim mudah dan aman. Pertama, klien penyedia jasa keuangan memfoto kartu identitas yang akan terbaca secara otomatis oleh teknologi Optical Character Recognition (OCR).

Kedua, klien diminta melakukan foto selfie dan tes liveness untuk menentukan bahwa yang melakukan pengajuan adalah orang hidup, bukan foto. Ketiga, seluruh data identitas dan foto selfie yang diambil akan diverifikasi secara biometrik kepada database pemerintah.

Asli RI menyebutkan proses tersebut dapat dilakukan melalui aplikasi mobile di smartphone maupun lewat website yang prosesnya hanya kurang dari dua menit.



Simak Video "Ini Dia Salah Satu Peluang Startup yang Masih Jarang Ada di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fay)