Foxconn Dapat Lampu Hijau Produksi iPhone Lagi

Foxconn Dapat Lampu Hijau Produksi iPhone Lagi

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 11 Feb 2020 09:00 WIB
Foxconn
Foto: Getty Images
Jakarta -

Setelah terhenti karena wabah corona, Foxconn mendapatkan lampu hijau untuk memproduksi iPhone lagi.

Namun Foxconn hanya diperbolehkan memulai kembali produksi di kota Zhengzhou, China tengah bagian timur. Pun begitu baru 10% pegawai yang datang ke pabrik sejauh ini, demikian diungkap oleh sumber Reutres.

Sementara untuk pusat produksinya di Shenzhen belum diperbolehkan. Keputusan itu keluar setelah pihak otorisasi kesehatan setempat melakukan inspeksi akhir pekan lalu.

Pihak otoritas mendapati pabrik Foxconn di Shenzhen punya risiko infeksi corona yang tinggi. Karenanya diputuskan untuk menunda izin Foxconn untuk beroperasi kembali pada Senin (10/2/2020).

"Permintaan kami untuk melanjutkan produksi (di Shenzhen) tidak disetujui. Kami perlu meningkatkan langkah-langkah pengendalian virus kami untuk pemeriksaan lain," kata sumber yang diwawancari Reuters.

Penundaan izin ini diyakini bakal berdampak pada pasokan iPhone secara global. Tidak hanya itu, efek yang sama akan dirasakan Google, Huawei dan Amazon. Karena perangkat mereka pun turut dibuat di pabrik Foxconn di Shenzhen.

Firma riset pasar Trendforce telah memangkas perkiraan produksi iPhone hingga akhir kuartal pertama. Mereka menurunkan 10% atau menjadi 41 juta unit.

Foxconn Dapat Lampu Hijau Produksi iPhone Lagi


Simak Video "iPhone SE 2 Plus Bakal Jadi Ponsel Murah Apple Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)