Kamis, 06 Feb 2020 12:29 WIB

Waspada Virus Corona, Pengunjung MWC 2020 Diminta Tak Jabat Tangan

Fitraya Ramadhanny - detikInet
MWC 2019 Waspada Virus Corona, Pengunjung MWC 2020 Diminta Tak Jabat Tangan (Ardhi Suryadhi/detikINET)
Jakarta -

Pesta teknologi dunia Mobile World Congress 2020 di Barcelona, Spanyol mewaspadai ancaman virus corona. Ada 10 kebijakan diambil termasuk imbauan tidak jabat tangan untuk para pengunjung.

Hal itu tertuang dalam pengumuman dari GSMA selaku penyelenggara MWC. Seperti dilihat dari situs resminya, Rabu (6/2/2020), GSMA melakukan 10 upaya mitigasi terhadap ancaman virus corona.

Dari 10 langkah itu, termasuk imbauan kepada para pengunjung untuk tidak melakukan jabat tangan. Imbauan itu merupakan 3 langkah tambahan dari 7 langkah mitigasi tahap pertama.


Berikut 10 mitigasi virus corona untuk acara MWC 2020:

  1. Meningkatkan program kebersihan dan disinfeksi di seluruh tempat yang banyak sentuhan seperti area katering, permukaan, pegangan tangan, WC, pintu keluar masuk, touch screen umum, dll termasuk produk dan material alat kebersihan dan sanitasi.
  2. Meningkatkan dukungan medis di tempat acara
  3. Kampanye kesadaran via online dan sebar info serta papan penanda di tempat acara
  4. Ketersediaan material sanitasi dan disinfeksi untuk pengguna umum
  5. Kesadaran dan pelatihan kepada semua staf dan asosiasi soal standar tindakan pencegahan pribadi, misalnya hygienitas pribadi, frekuensi penggunaan produk disinfeksi/sanitasi dll
  6. Imbauan ke peserta pameran untuk menerapkan disinfeksi dan pembersihan yang efektif untuk stand, kantor, termasuk panduan tata cara hygienitas pribadi dan perilaku pencegahan umum
  7. Panduan kesehatan masyarakat dan imbauan untuk hotel-hotel, transportasi umum dan pribadi, restoran dan outlet katering, ritel dll yang ada di Barcelona
  8. Pemasangan papan penanda baru di lokasi untuk meningatkan rekomendasi hygienitas kepada para pengunjung
  9. Menerapkan kebijakan ganti mikrofon untuk para pembicara acara
  10. Mengimbau kepada semua pengunjung untuk menerapkan 'kebijakan tidak jabat tangan'

Poin 8-10 adalah langkah mitigasi yang baru ditambahkan minggu ini. GSMA menegaskan melakukan segala upaya untuk memastikan acara MWC 2020 aman dari ancaman penyakit. Mereka juga tunduk dengan aturan WHO terkait kejadian virus corona terhadap larangan bepergian, jika ada.

"Datang awal ke Spanyol bisa memberikan waktu untuk karantina diri dan memastikan akses untuk mendapatkan masker," saran GSMA.



Simak Video "Tembus 1.800 Orang Tewas Akibat Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)