Salip AS, India Kini Jadi Pasar Ponsel Terbesar Kedua di Dunia

Salip AS, India Kini Jadi Pasar Ponsel Terbesar Kedua di Dunia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 27 Jan 2020 13:35 WIB
Salip AS, India Kini Jadi Pasar Ponsel Terbesar Kedua di Dunia Foto: Julian Chokkattu/Digital Trends
Jakarta -

Amerika Serikat tidak lagi menjadi pasar ponsel terbesar kedua di dunia. Posisi tersebut kini diambil alih oleh India. Sedangkan posisi pertama masih dipegang China.

Perubahan posisi ini berdasarkan laporan dari Counterpoint Research. Dilansir detikINET dari Mashable, Senin (27/1/2020) India menyalip AS setelah 158 juta unit ponsel dikapalkan ke negara Asia Selatan tersebut di tahun 2019.

Terdongkraknya posisi India rupanya berkat kontribusi vendor ponsel asal China. Ponsel-ponsel buatan vendor seperti Xiaomi, Vivo, Oppo dan Realme berhasil menguasai 72% dari keseluruhan pasar ponsel India pada tahun 2019.

Laporan ini juga menekankan pertumbuhan ini didorong oleh ponsel-ponsel kelas menengah ke bawah buatan vendor tersebut. Dampaknya ponsel pintar makin mudah untuk dijangkau oleh populasi India yang sangat besar dan terus berkembang.

Hal ini juga berkontribusi kepada popularitas vendor asal China di India. Sebagai contoh, India kini menjadi pasar terbesar bagi Xiaomi, bahkan mengalahkan negara asalnya, China.

Tidak hanya vendor asal China, Apple juga mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan di India. Pertumbuhan ini didasari oleh diturunkannya harga iPhone XR sekaligus hadirnya lini iPhone 11.

Tapi, Samsung justru mengalami tahun yang apes di India. Walau masih berada di posisi kedua di tahun 2019, angka penjualan ponsel Samsung di India turun hingga 5% year-on-year.

Salip AS, India Kini Jadi Pasar Ponsel Terbesar Kedua di Dunia


Simak Video "China-India Alami Konflik, Bos Xiaomi: Tak Berdampak ke Bisnis Kami"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)