Kamis, 16 Jan 2020 17:10 WIB

Rencana Ibu Kota Baru Disambut Antusias Alibaba Cloud

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom
Jakarta - Pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur mendapat sorotan dari banyak pihak, termasuk dari perusahaan teknologi, Alibaba Cloud. Head of Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen mengatakan bahwa Alibaba Cloud juga menyambut baik kabar mengenai pemindahan ibu kota pada 2024 mendatang.

"Tidak hanya dengan pemerintahan kami sudah menjalin hubungan dengan pihak lainnya. Mengenai investasi, sebagai perusahaan penyedia teknologi yang Alibaba Cloud fokuskan di sini adalah untuk terus berbagi pengetahuan dan mendukung apapun rencana pemerintah ke depannya," kata Leon di Raffles Hotel Ciputra, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Diketahui bahwa Alibaba Cloud telah menjalin kerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan universitas, institusi pelatihan dan inkubator untuk mendukung pengembangan bakat digital di Indonesia. Alibaba Cloud juga mendorong transformasi digital dalam melakukan kerja sama dengan berbagai sektor baik finance, e-commerce, fintech, hingga e-learning.


"Alibaba Cloud sudah memiliki layanan yang sangat beragam. Memang ada beberapa layanan yang difokuskan seperti e-commerce, retail, media dan fintech. Namun Alibaba Cloud juga sebenarnya sudah memiliki customer di sektor lainnya. Oleh karena itu Alibaba Cloud selalu bekerja dengan mitra-mitra lokalnya supaya bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia," ucapnya.

Menurut Leon, saat ini Indonesia tengah berada pada masa awal perjalanan cloud. Oleh karena itu, pelatihan maupun workshop tentang cloud computing merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Dengan cara ini, diharapkan pertumbuhan Cloud di Indonesia akan semakin pesat.

President of International Business Alibaba Cloud Intelligence, Selina Yuan mengatakan, dalam bertumbuh bersama dengan Indonesia, Alibaba Cloud juga berupaya untuk mendukung perkembangan UMKM di Indonesia. Ia berujar bahwa ada lebih dari 40 mitra yang telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud.


"Kita mendukung lokal bisnis dan UMKM di Indonesia. Dengan menggunakan bagian teknologi, big data, artifical Intelligence, akan membuat (sistem bisnis) mereka lebih cerdas dan efisien," tukasnya.

Setelah beberapa waktu lalu membuka data center yang kedua di Indonesia, Alibaba Cloud tak membatasi konsumen yang ingin bekerja sama. Selain itu, ia juga menegaskan bahwa kemungkinan akan ada pengembangan lanjutan dan penambahan data center Alibaba Cloud.

"Kita lihat dulu situasi sekarang dan jika semakin bagus pasti akan ada rencana-rencana untuk ke depannya," pungkasnya.

Simak Video "Alibaba Cloud Antusias Sambut Pemindahan Ibu Kota Indonesia 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/fay)