Kamis, 16 Jan 2020 15:38 WIB

Kembangkan Bakat Digital, Alibaba Cloud Gandeng Binus & Prasetiya Mulya

Faidah Umu Sofuroh - detikInet
Foto: Faidah Umu Safuroh/detikcom Foto: Faidah Umu Safuroh/detikcom
Jakarta - Alibaba Cloud ingin terus mendorong pengembangan kapasitas bidang digital di Indonesia. Untuk mendukung tujuan itu, Alibaba Cloud pun membuat sebuah program bertajuk 'Digital Talent Empowerment Program'.

Head of Alibaba Cloud Indonesia, Leon Chen mengatakan bahwa program ini merupakan program kerja sama dengan Universitas Bina Nusantara dan Universitas Prasetiya Mulya untuk menghadirkan pelatihan cloud dan inteligensi bagi mahasiswa dan pengajar.


"Kami sangat senang meluncurkan program pemberdayaan bakat digital ini dengan dukungan dari universitas, lembaga pelatihan dan inkubator di Indonesia," kata Leon pada acara Alibaba Cloud Day Indonesia yang diselenggarakan di Raffles Hotel Ciputra, Jakarta, Kamis (16/1/2020).

Menurutnya, saat ini Indonesia masih berada di tahap awal dari cloud journey. Jadi, lanjutnya, Alibaba Cloud ingin tumbuh bersama ekosistem di Indonesia dan juga untuk memberi impact bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Salah satu cara untuk memulainya yakni dengan memberikan insight mengenai Cloud teknologi bagi para mahasiswa dan akademisi.

Pada 2020 ini, Alibaba Cloud akan menyediakan program pelatihan dan workshop bagi sekitar 60 tenaga pengajar atau dosen dari Universitas Bina Nusantara dan Prasetiya Mulya Business School. Tujuannya adalah untuk mendapatkan setidaknya 2.000 mahasiswa dari dua universitas yang mengikuti pelatihan pada subjek terkait.

"Langkah ini bertujuan untuk mendorong para pengajar untuk membagikan kembali ilmu yang mereka dapatkan tentang cloud dan teknologi digital kepada para siswa selama pelatihan," tuturnya.


Selain itu, Alibaba Cloud akan menawarkan sumber daya Cloud untuk startup terpilih di komunitas BLOCK71 yang berpartisipasi dalam Create@AlibabaCloud. Create@AlibabaCloud merupakan kompetisi startup yang diselenggarakan setiap tahun oleh penyedia layanan cloud. Kedua pihak juga akan bersama-sama mengelola networking, kegiatan workshop dan acara pitching secara rutin.

Alibaba Cloud juga akan bekerja sama dengan Trinocate dan i3 untuk mengembangkan pelatihan lanjutan mengenai Cloud, keamanan, dan inteligensi data untuk developer di komunitas. Tujuannya utnuk membantu mereka mengembangkan produk yang lebih canggih dan solusi industri pada sektor cloud.

Simak Video "Alibaba Cloud Antusias Sambut Pemindahan Ibu Kota Indonesia 2024"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)