Selasa, 03 Des 2019 13:21 WIB

Lei Jun Mundur dari Kursi Presiden Xiaomi

Rachmatunnisa - detikInet
Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee
Jakarta - Chairman dan pendiri Xiaomi Lei Jun mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden Xiaomi untuk China. Pengumuman ini disampaikan melalui surat internal kepada seluruh karyawan pekan lalu.

Dikutip dari The Next Web, Selasa (3/12/2019), dengan mundurnya Lei Jun, posisi tersebut digantikan oleh Lu Weibing yang sebelumnya menjabat sebagai Head of Redmi yang merupakan sub-brand Xiaomi.


Perubahan ini juga turut menggeser posisi mantan presiden Xiaomi Lin Bin yang dipromosikan menjadi Vice President dan CFO Zhou Capital dipromosikan untuk menduduki jabatan President of International Business.

"Tahun depan akan menjadi tahun ofensif bagi bisnis 5G Xiaomi, sekaligus menjadi tahun kunci bagi Xiaomi mempromosikan ponsel + AIoT. Kami membutuhkan dukungan manajemen kelompok yang lebih kuat. Kami perlu melanjutkan vitalitas inovasi perusahaan yang dibawa oleh mekanisme rotasi kader," tulis Lei Jun dalam suratnya kepada seluruh karyawan.

Menurut laporan Q3 Xiaomi, pendapatan bisnis ponsel pintar turun 7,8% YoY karena terjadi perlambatan di pasar China. Sesuai laporan dari perusahaan analisis Canalys, pangsa pasar Xiaomi turun menjadi 9% persen dari sebelumnya 13,1% di periode yang sama tahun lalu.



Xiaomi mencatatkan pertumbuhan 5,5% YoY. Pertumbuhan ini tercatat merupakan yang terlambat sejak Xiaomi terdaftar di bursa saham Hong Kong tahun lalu. Alhasil, kepemimpinan baru ini dituntut membuktikan performanya untuk bisa menyalip pesaingnya seperti Huawei, Vivo, dan Oppo, dan mengembalikan Xiaomi kembali ke masa kejayaannya.

Simak Video "Presiden Xiaomi Pamit Undur Diri"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)