Jumat, 29 Nov 2019 09:22 WIB

Lewat Grab for Bussiness 365, Grab Dorong UMKM Makin Produktif

Yakob Arfin - detikInet
Foto: Yakob Arfin Foto: Yakob Arfin
Jakarta - Perusahaan ride hailing, Grab telah menghadirkan sebuah layanan yang disebut Grab for Business yang telah melayani lebih dari 7.400 perusahaan mulai dari small, medium enterprise hingga big corporation di Indonesia. Untuk memberikan pelayanan yang lebih baik lagi, Grab berkolaborasi dengan Microsoft Indonesia yang disebut Grab for Business 365.

Head of Grab for Business Grab Grab Indonesia Roy Nugroho mengatakan inovasi ini hadir sebagai bundling solution antara Grab Indonesia dengan Microsoft Indonesia yang ditujukan untuk membuat bisnis menjadi lebih mudah.

"Bundling solution ini menggabungkan kekuatan dari pada keduanya. Jadi Grab sebagai market leader di bisnis transportasi sekaligus business serving delivery, sementara kita tahu microsoft juga sudah menjadi leader di cloud. Penggabungan dua kekuatan inilah yang akhirnya tercetuskan Grab for Business 365," kata Roy kepada wartawan di Jakarta, Kamis (28/11/2019).


Sementara itu Roy mengungkapkan seiring berjalannya inovasi, ia melihat bahwa Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ternyata menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

"Jadi kalau dilihat dari data Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah mengatakan tahun ini mencapai 63 juta UMKM. Sementara itu sumbangsihnya terhadap PDB Indonesia 60%-nya berasal dari UMKM. Namun dari hal tersebut tantangannya adalah hanya 8% saja yang menggunakan platform online atau melek teknologi," papar Roy.

Oleh karena itu, Roy mengatakan pihaknya tergugah bagaimana memikirkan langkah untuk mempercepat sehingga pelaku UMKM menjadi lebih melek teknologi dan kemudian meningkatkan inovasinya.

Dalam riset yang dilakukan, Grab Indonesia pun menemukan sejumlah tantangan yang harus dihadapi UMKM sekaligus ditemukan pula solusinya. Tantangan pertama adalah terkait efektivitas.

"Yang kedua UMKM harus produktif sehingga terus menghasilkan inovasi. Sementara di sisi lain dalam berinovasi pun harus efisien dalam permodalan. Ketiga, harus ada kolaborasi untuk meningkatkan produktivitas, harus ada pencatatan laporan sehingga lebih efisien, dan yang keempat bagaimana menyederhanakan bisnis proses yang ada sehingga menjadi lebih efektif," paparnya.

Roy mengatakan Grab berkomitmen untuk membantu UMKM. Sebagai platform transportasi online, Grab sudah memberikan banyak kontribusi terutama di area digital ekonomi, salah satunya Grab Food.

Dengan hadirnya Grab for Business 365 ini pelaku UMKM dapat lebih efisien khususnya dalam penyusunan laporan dan sharing dokumen, sehingga produktivitas inovasinya pun lebih meningkat. Dengan adanya Grab for Business 365 ini juga proses bisnis UMKM menjadi lebih sederhana.

Seperti diketahui, dunia bisnis dan dunia kerja saat ini perlahan berubah. Kini setiap orang mulai melihat bahwa terdapat kebutuhan untuk bisa bekerja di mana saja dan kapan saja.


Sementara itu sejumlah organisasi juga mulai memperbolehkan flexible work, di mana dari survei global memperlihatkan dari 52% organisasi terdapat karyawan yang bekerja di luar kantor minimal satu kali dalam satu minggu.

"Kalau dulu orang bekerja berdasarkan satu divisi, satu departemen, sementara sekarang harus cross collaboration. Itu sebabnya ini yang melatarbelakangi bahwa selain dari sisi orang harus bisa bekerja di mana saja dan kapan saja, efektivitas dalam laporan dokumen, komunikasi terintegrasi dan kemudahan dalam bertransportasi juga menjadi satu hal yang akan membantu pelaku usaha menjadi lebih efektif dan efisien dalam mengembangkan usahanya," pungkasnya.

Simak Video "Yuk Pesan Menu Eksklusif Lewat GrabFood Signature"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/fay)