Minggu, 24 Nov 2019 16:41 WIB

Hitachi Rilis Solusi Data Center Berbasis AI

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi data center. Foto: Guardian Ilustrasi data center. Foto: Guardian
Jakarta - Hitachi Vantara merilis solusi storage baru untuk data center yang berbasis kecerdasan buatan (AI), yaitu Hitachi Virtual Storage Platform 5000 series.

Perilisan ini dilakukan Hitachi Vantara di ajang Next 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat. Solusi ini terdiri dari Hitachi Virtual Storage Platform (VSP) 5000 series, storage array kelas enterprise terbaru, software manajemen Hitachi Ops Center, dan Hitachi Storage Virtualization Operating System yang telah diperbarui.

Ketiga teknologi ini secara bersama-sama mengakselerasi beban kerja di data center dan menghadirkan IT berwawasan masa depan dengan arsitektur baru dan inovatif yang merupakan fondasi ideal untuk melakukan modernisasi terhadap environment data center, cloud, dan DataOps.

"Hitachi Virtual Storage Platform 5000 series adalah sebuah ajang pembuktian bagi pelanggan kami dalam meraih keunggulan digital terhadap para pesaingnya dan mencapai hasil bisnis yang lebih baik," ujar Brad Surak, chief product and strategy officer at Hitachi Vantara dalam keterangan yang diterima detikINET.

"Hitachi Vantara memberikan fondasi untuk melakukan inovasi-inovasi modern terhadap infrastruktur perusahaan yang dibutuhkan pelanggan kami, dengan solusi baru yang dibangun berlandaskan teknologi masa depan untuk menghadapi tantangan data center di masa depan," tambahnya.

Fondasi Infrastruktur Enterprise Modern
Hitachi VSP 5000 series menyediakan fondasi bagi penyimpanan data utama untuk semua jenis operasi bisnis digital dengan kecepatan dan skala yang mendukung beban kerja yang ada saat ini maupun beban kerja baru yang bersifat data-intensive di lingkungan multicloud dan lingkungan yang berbasis AI (AI-driven).

Solusi ini cukup gesit untuk menyimpan data berupa blok dan file, serta mendukung beban kerja yang beragam, mulai dari aplikasi bisnis yang bersifat mission-critical hingga container, bahkan mainframe. Hitachi VSP 5000 series memungkinkan konsolidasi terhadap semua beban kerja sehingga dapat memaksimalkan efisiensi operasional.

Arsitektur Baru
VSP 5000 series merupakan flash array kelas enterprise yang sama sekali baru, dan dioptimalkan untuk menyajikan kinerja dan ketahanan terbaik di kelasnya dengan sepenuhnya memanfaatkan arsitektur SAS, NVMe, dan Storage Class Memory (SCM).

Didukung oleh Hitachi Accelerator Fabric baru, VSP 5000 series adalah flash array NVMe tercepat di dunia, yang dapat membantu pengguna lebih cepat memperoleh wawasan (insight) dan hasil bisnis berkat kinerja 21 juta IOPS. Para pemilik aplikasi yang bersifat resource-intensive juga akan menyaksikan peningkatan dramatis pada waktu respons sebesar 70 mikrodetik.

VSP 5000 series, yang dibekali dengan dedupe optimizer baru, menggunakan algoritme machine learning (ML) untuk melakukan optimalisasi secara on-the-fly terhadap proses dedupe berdasarkan ukuran blok dan karakteristik lainnya. Proses ini akan mengoptimalkan dedupe in-line dan post-process untuk memperoleh reduksi data yang maksimal dengan dampak kinerja minimal, menghasilkan reduksi total hingga 7:1.

VSP 5000 series dirancang khusus untuk bisnis digital yang selalu bisa diakses (always-on) . Arsitektur IO yang dapat melakukan swaproteksi (self-protecting) dan memiliki quadruple redundant fabric memberikan ketersediaan 99,999999%, yang terbaik di industri ini.

Hitachi Rilis Solusi Data Center Berbasis AI


Simak Video "Telkomsel The NextDev Summit 2019 Banjir Mentor Top"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)