Senin, 19 Agu 2019 09:57 WIB

CEO Apple Curhat ke Trump soal Samsung

Fino Yurio Kristo - detikInet
Presiden AS, Donald Trump dan istrinya. Foto: AP Photo/Jacquelyn Martin Presiden AS, Donald Trump dan istrinya. Foto: AP Photo/Jacquelyn Martin
New Jersey - Donald Trump menyatakan telah berbicara dengan CEO Apple, Tim Cook, soal imbas tarif yang diberlakukan Amerika Serikat pada barang impor asal China. Sang presiden AS juga 'dicurhati' soal Samsung.

Dikutip detikINET dari Reuters, Trump menyebut Cook punya alasan logis bahwa pemberlakuan tarif bisa melukai Apple dan menguntungkan Samsung. Pasalnya, produk Samsung tidak akan dikenakan tarif yang sama.

Tarif AS pada barang asal China senilai USD 300 miliar termasuk perangkat elektronik, dijadwalkan akan berlaku dalam dua tahap, yaitu mulai 1 September dan 15 Desember.


Di sisi lain, Amerika Serikat dan Korea Selatan telah menjalin kesepakatan perdagangan September tahun silam. "Saya pikir dia (Cook-red) telah membuat argumen yang sangat menarik, jadi saya berpikir tentang itu," kata Trump.

"Berat bagi Apple membayar tarif jika mereka berkompetisi dengan sebuah perusahaan yang sangat bagus yang tidak terkena," imbuhnya.

Laptop Apple MacBook serta iPhone tidak akan dikenakan tambahan tarif sampai 15 Desember. Akan tetapi beberapa produk lain perusahaan itu termasuk Airpods, Apple Watch dan HomePod akan terkena imbas tarif pada 1 September.

Produk Apple kena tarif karena sebagian bear dibuat di China dan diimpor ke AS serta negara-negara lain. Sedangkan Samsung membuat gadget di berbagai negara, termasuk Vietnam dan Korea Selatan, selain China.

Jika tarif diberlakukan, harga produk Apple berpotensi naik. Sementara Samsung yang lebih sedikit kena imbas diuntungkan karena kemungkinan harga produknya sama saja.



Simak Video "Tim Cook ke Donald Trump: Sakiti Apple, Untungkan Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com