Selasa, 13 Agu 2019 15:37 WIB

Tumblr Diakuisisi Pemilik WordPress

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Tumblr akhirnya dilego oleh Verizon. Perusahaan yang mengakuisisinya adalah Automattic Inc yang merupakan pemilik WordPress.

Nilai akuisisi Tumblr ini tak diungkap ke publik, namun rumor yang beredar menyebut mahar yang dibayar Automattic Inc. tak sampai USD 3 juta, jauh lebih rendah ketimbang nilai akuisisi Tumblr oleh Yahoo pada 2013 yang nilainya mencapai USD 1,1 miliar.

"Kami bangga atas pencapaian tim (Tumblr) dan sangat gembira sudah menemukan rekan yang sempurna yaitu Automattic, yang rekam jejak dan keahliannya akan membuka peluang baru bagi Tumblr dan penggunanya," tulis CEO Verizon Media Guru Gowrappan dalam keterangannya.

Menurut CEO Automattic Inc. Matt Mullenweg, Tumblr akan berfungsi sebagai situs pelengkap untuk WordPress setelah akuisisi ini. Ia juga menyebut tak akan mengubah aturan baru yang sebelumnya diterapkan di Tumblr.




Aturan yang dimaksud oleh Mullenweg ini adalah melarang peredaran konten pornografi di platform blogging tersebut. Aturan ini ditetapkan ketika kepemilikian Tumblr jatuh ke tangan Verizon.

Banyak pengguna Tumblr yang menyesalkan aturan tersebut dan mengancam akan meninggalkan Tumblr, karena sebelumnya platform itu adalah 'rumah' untuk berbagi konten seperti itu, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (13/8/2019).

Sementara pernyataan Mullenweg yang menyebut Tumblr akan menjadi pelengkap ini sepertinya adalah pemanfaatan platform mobile milik Tumblr. Tak jelas layanan apalagi yang akan ditawarkan karena keduanya adalah platform blogging, namun Automattic Inc jelas bisa bereksperimen dengan akuisisi ini.




Simak Video " Siap-siap! Yahoo Groups Bakal Tutup, Semua Konten Dihapus Permanen"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/krs)