Rabu, 24 Jul 2019 06:02 WIB

Masuk Daftar Fortune Global 500, Bos Xiaomi: Terima Kasih Mi Fans!

Rachmatunnisa - detikInet
CEO Xiaomi Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee CEO Xiaomi Lei Jun. Foto: REUTERS/Jason Lee
Jakarta - Untuk pertama kalinya, Xiaomi masuk dalam daftar Fortune Global 500. Xiaomi menjadi perusahaan termuda yang masuk ke dalam daftar tersebut di tahun ini, menduduki peringkat ke-468 dengan pendapatan setara dengan Rp 389,169 triliun.

Pencapaian ini tentunya membuat bangga Xiaomi. Pendiri, Chairman sekaligus CEO Xiaomi Lei Jun, menyebutkan bahwa pencapaian ini merupakan prestasi membanggakan dan merupakan sebuah awal baru bagi Xiaomi.


"Ini adalah awal baru untuk terus memenuhi komitmen kami dalam menghadirkan produk-produk yang canggih dan inovatif dengan harga jual yang sebenarnya. Selama rentang waktu tahun 2012-2017, Xiaomi telah berhasil meningkatkan pendapatan rata-rata hingga 10 kali lipat. Hal ini berhasil dicapai berkat model bisnis perusahaan dengan konsep 'triathlon'," sebut Lei Jun, seperti dikutip dari keterangan resmi Xiaomi, Rabu (24/7/2019).

Surat terbuka pun dilayangkan Lei Jun berkaitan dengan prestasi ini. Selain merangkum kilas balik perjalanan Xiaomi hingga di titik saat ini, Lei Jun juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para fans, seluruh kolega, serta para pemangku kepentingan atas pencapaian Xiaomi.

Berikut ini adalah isi surat terbuka yang disampaikan Lei Jun tersebut.

Kepada Xiaomiers,

Majalah Fortune baru saja merilis daftar tahunan Fortune Global 500 untuk tahun 2019 dan Xiaomi masuk ke dalam daftar tersebut untuk pertama kalinya!

Kami menduduki peringkat ke-468 dalam daftar itu dan menjadi salah satu dari tujuh perusahaan yang termasuk dalam kategori Layanan Internet dan Ritel (Internet Services dan Retailing). Sebagai perusahaan termuda di antara 500 perusahaan lainnya, kecuali perusahaan-perusahaan yang baru melakukan merger, kami telah berhasil meraih kesuksesan sejak Xiaomi didirikan sembilan tahun yang lalu.

Kami telah mengalami beberapa pencapaian luar biasa dari sisi bisnis dan menjadi salah satu perusahaan yang masuk dalam Fortune Global 500 merupakan pencapaian terbaik dari perjalanan ini. Di saat industri mobile internet sedang populer, kami menggunakan model bisnis yang unik dan kuat, serta pola pikir terdepan di industri ini terkait pengembangan produk, sebagai usaha untuk terus menghadirkan pengalaman terbaik yang melampaui ekspektasi para pengguna. Kami juga selalu berkomitmen untuk menciptakan produk-produk luar biasa dan inovatif dengan harga yang sebenarnya - yang menjadi landasan dari seluruh kesuksesan kami.

Bagi Xiaomi, kabar baik selalu datang berpasangan akhir-akhir ini, seperti pencapaian kami sebagai salah satu perusahaan Global 500 dan peresmian kantor pusat terbaru kami. Kami ingin memanfaatkan kesempatan ini untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada para rekan yang selalu percaya akan kemampuan kami, hadir untuk kami, membantu kami, dan mendorong kami untuk menjadi lebih baik.

Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ratusan juta pengguna dan Mi Fans di seluruh dunia atas kepercayaan dan dukungan mereka yang tanpa henti; kedua, saya sangat berterima kasih kepada para mitra bisnis kami untuk dukungan terus-menerus, karena tanpa mereka, Xiaomi tidak akan pernah berkesempatan untuk masuk ke dalam daftar Global 500, dari yang tadinya hanya sebuah kumpulan beranggotakan 13 orang; hingga dibimbing oleh investor kami, yang memberikan pengertian, melihat perkembangan kami dengan sabar, dan menyemangati kami. Selain itu, kompetitor-kompetitor kami di sektor yang sama, terima kasih karena selalu memotivasi kami dan mengajarkan kami untuk selalu berpikir maju, kalian merupakan kolega terbaik.

Terakhir, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih mendalam untuk semua orang yang bekerja di Xiaomi, dan untuk seluruh anggota keluarga mereka yang tak pernah berhenti memberikan dukungan. Sukses masuk ke dalam daftar tersebut tak terlepas dari usaha semua orang. Maka dari itu, kami akan mempersembahkan sebuah hadiah spesial bagi 20.538 karyawan dan para anggota tim eksternal kami sebagai bentuk apresiasi dari Xiaomi.

Masing-masing akan menerima 1.000 saham Xiaomi. Yang mana, 500 saham untuk merayakan pencapaian Xiaomi di Global 500, dan 500 saham lainnya sebagai hadiah bagi keluarga tercinta maupun teman masing-masing karyawan yang tak henti memberikan dukungannya.

Dengan penuh rasa syukur, kami sadar bahwa kami tak boleh berpuas diri dan harus terus maju. Meskipun peringkat Global 500 diukur berdasarkan total penjualan dan mengingat bahwa Xiaomi saat ini memang merupakan perusahaan yang besar, namun, masih banyak yang harus dikerjakan untuk membuat Xiaomi menjadi lebih luar biasa lagi. Dalam kurun waktu 9 tahun, kami membuktikan bahwa model bisnis Xiaomi telah berjalan dengan baik, membuat kami mendapatkan tempat di lingkungan bisnis tingkat tinggi di dunia. Namun, Xiaomi tidak didirikan untuk sekadar mendapatkan penghargaan, kami harus tetap bekerja keras untuk mengejar kesempurnaan.

Sebagai perusahaan termuda dalam daftar Global 500, kami telah menunjukkan kekuatan dan keuletan kami, dan menjadi salah satu perusahaan terbaik dalam dunia bisnis global. Menjadi muda adalah bagaimana kami memposisikan diri kami. Dengan semangat yang sama, saya mengajak seluruh karyawan untuk terus merangkul segala kemungkinan yang ada di depan mata. Visi Xiaomi untuk menjadi perusahaan besar didasari oleh kesuksesan di masa lampau, menekankan komitmen kami yang tak pernah gagal melalui posisi strategis dan kemampuan kami untuk terus konsisten dalam meningkatkan maupun menciptakan terobosan-terobosan baru di sektor teknologi.

Xiaomiers tercinta, perjalanan yang berat seringkali menuntun kita menuju tempat yang indah. Mari rangkul impian kita, ingat misi kita, dan lewati berbagai kesulitan demi mengejar komitmen kita untuk terus melakukan inovasi bagi semua orang di dunia dan menjadikan Xiaomi sebagai perusahaan yang luar biasa!

Lei Jun
Founder, Chairman dan CEO Xiaomi

Simak Video "Xiaomi Jadi Perusahaan Termuda di Fortune Global 500"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed