Jumat, 07 Jun 2019 15:41 WIB

IBM Rumahkan Seribuan Karyawan, Kenapa?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Foto: Reuters/Lucy Nicholson Foto: Reuters/Lucy Nicholson
Jakarta - Raksasa teknologi IBM mengonfirmasi telah melakukan PHK atau merumahkan sebagian pegawainya. Jumlah karyawan yang terdampak mencapai seribuan.

Sebenarnya, menurut sumber terkait, PHK hanya menimpa sekitar 1,5% dari total karyawan IBM. Tetapi karena jumlah total karyawan mereka mencapai 340 ribu, maka pegawai yang dirumahkan pun cukup banyak. Kisarannya 1.700 orang.




"Kami terus mereposisi tim kami untuk menyesuaikan fokus di segmen high value di pasar TI dan kami juga terus merekrut secara agresif di area-area baru," kata juru bicara IBM mengenai alasan PHK.

Dikutip detikINET dari CNBC, IBM saat ini membuka sekitar 7.700 lowongan pekerjaan. Performa bisnis mereka memang baik-baik saja di mana harga saham telah naik 19% sejak awal 2019.

Ditambahkan IBM, perampingan sejumlah karyawan dilakukan untuk mengembangkan bisnis melalui akuisisi dan untuk meningkatkan profit.




Mereka dalam proses akuisisi raksasa software Open Source, Red Hat, senilai USD 34 miliar untuk memperkuat bisnis cloud-nya. Proses pembelian diperkirakan rampung pada paruh kedua tahun ini.

Red Hat sendiri memiliki lebih dari 13 ribu karyawan. Sehingga setelah akuisisi, jumlah pegawai IBM bakal makin gemuk.


(fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed