Kamis, 06 Jun 2019 09:42 WIB

Samsung Pangkas Produksi Smartphone di China

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Reuters Ilustrasi. Foto: Reuters
Beijing - Persaingan keras di pasar China membuat Samsung makin kelabakan. Satu-satunya pabrik smartphone mereka yang masih beroperasi di Negeri Tirai Bambu pun harus mengalami pemangkasan produksi.

Dikutip detikINET dari Reuters, Samsung saat ini hanya punya kurang dari 1% market share di China. Padahal di masa jayanya pada tahun 2013, Samsung pernah menyabet ranking satu dengan pangsa pasar tembus 20%.

Performa yang masih melempem membuat Samsung akan menurunkan produksi ponsel cerdas di pabriknya yang berlokasi di dekat kota Huzhou. Pada sekitar 6 bulan silam, Samsung sudah menutup pabrik smartphone lain di wilayah Tianjin.


Salah satu alasan utama menurunnya bisnis smartphone Samsung di China adalah agresifnya vendor lokal semacam Huawei, Oppo, Vivo sampai Xiaomi. Bahkan Apple juga kelabakan melawan mereka.

Sebenarnya pada 3 bulan pertama 2019, volume penjualan Samsung di China membaik dengan kenaikan 40% dibandingkan kuartal sebelumnya. Counterpoint Research menyatakan alasan kenaikan adalah promosi kuat di sektor premium serta handset murah Samsung lumayan laku.

Namun demikian, pemangkasan produksi tetap dilakukan meski tidak jelas berapa persisnya. "Ada sejumlah penyesuaian dalam volume produksi," kata juru bicara Samsung.

(fyk/fyk)