Sabtu, 04 Mei 2019 16:09 WIB

Berapa Nilai Permintaan Maaf Apple ke Qualcomm?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: CNN Money Foto: CNN Money
Jakarta - Perdamaian antara Apple dan Qualcomm tak terjadi begitu saja, karena ada 'uang permintaan maaf' yang terlibat di dalamnya. Berapa jumlahnya?

Baik Qualcomm maupun Apple memang kompak untuk tak mengungkap nilai uang tersebut. Namun dari laporan pemasukan Qualcomm pada Q2 ini terlihat kalau uang tersebut bernilai setidaknya USD 4,5 miliar.


Apple berdamai dengan Qualcomm sesaat sebelum persidangan keduanya akan digelar. Menurut laporan Bloomberg, Apple sudah menganggap Intel tak akan bisa menyuplai modem 5G untuk mereka di waktu yang tepat.

Alhasil Apple pun memilih untuk berdamai dengan Qualcomm dengan membayar uang senilai USD 4,5 miliar sampai USD 4,7 miliar ke Qualcomm. Perlu diingat, uang sebanyak ini belum termasuk biaya royalti yang harus dibayarkan Apple untuk menggunakan chip Qualcomm di masa yang akan datang.

Namun bagi Apple, uang miliaran dolar itu akan mengamankan lisensi paten mereka dengan Qualcomm selama enam tahun ke depan, termasuk opsi untuk menambah durasi perjanjian itu selama dua tahun setelahnya. Dan tentunya mengakhiri perselisihan keduanya di meja hijau yang sudah berlangsung selama bertahun-tahun.


Perdamaian ini juga sangat krusial bagi Apple jika mereka tak ingin telat dalam menghadirkan perangkat 5G ke pasaran. Karena bisa dibilang Qualcomm adalah satu-satunya pemain yang bisa menyediakan modem 5G untuk Apple -- kecuali Apple mau memproduksi modemnya sendiri.

Terlebih lagi, uang USD 4,5 miliar itu hanyalah seperlimapuluh dari uang cash yang dimiliki Apple, yang jumlahnya saat ini adalah USD 225,4 miliar, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (4/5/2019).


Simak juga video Mengapa iPhone Harganya Mahal? Ini Alasannya!:

[Gambas:Video 20detik]


Berapa Nilai Permintaan Maaf Apple ke Qualcomm?
(asj/afr)