Jumat, 26 Apr 2019 14:06 WIB

Salip Apple dan Amazon, Microsoft Bernilai Rp 14 Kuadriliun

Agus Tri Haryanto - detikInet
Logo Microsoft. Foto: Drew Angerer/Getty Images Logo Microsoft. Foto: Drew Angerer/Getty Images
Jakarta - Microsoft resmi menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar lebih dari USD 1 triliun atau sekitar Rp 14 kuadriliun. Pencapaian ini menjadikan Microsoft sebagai perusahaan asal Amerika Serikat (AS) ketiga yang berhasil mencapai nilai fantastis tersebut.

Adapun kedua perusahaan sebelumnya yang sudah mencapai USD 1 triliun, yaitu Apple dan Amazon. Meski begitu, saat ini nilai pasar Apple turun menginjak di angka USD 976 miliar dan Amazon di USD 935 miliar.



Berdasarkan jumlah saham yang diperdagangkan, membawa Microsoft jadi perusahaan paling bernilai asal Negeri Paman Sam pada saat ini seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (26/4/2019).

Diketahui, meroketnya saham Microsoft dibantu oleh pertumbuhan bisnis cloud mereka yang terus naik dalam setahun terakhir. Perusahaan mengatakan pendapatan melonjak 14% menjadi USD 30,6 miliar pada kuartal ketiga. Adapun laba bersih tembus USD 8,8 miliar.

Pencapaian ini,jadi nilai positif bagi CEO Microsoft Satya Nadella yang telah menghabiskan lima tahun terakhir untuk mencoba mengurangi ketergantungan perusahaan terhadap penjualan sistem operasi Windows yang dulu dominan.



Layanan cloud Azure dan paket perangkat lunak Office jadi pendorong meroketnya kapitalisasi pasar Microsoft. Pada 2018, Windows menghasilkan sekitar 18% dari pendapatan perusahaan, sedangkan Office menyumbang 25%.

Lini gaming juga turut mendongkrak pendapatan perusahaan. Seperti Xbox yang menghasilkan pendaoatan 9% dan perangkat hardware mereka tablet Surface pun mencatat sumbangan 5%. (agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed