Rabu, 06 Mar 2019 17:20 WIB

Valuasi Rp 140 Triliun, Grab Belum Minat Melantai di Bursa

Robi Setiawan - detikInet
Grab. Foto: Reuters Grab. Foto: Reuters
Jakarta - Grab menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara dengan valuasi USD 10 miliar atau lebih dari Rp 140 triliun. Walau demikian Grab belum tertarik melakukan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI).

"Kami akan melanjutkan eksplorasi dengan partner-partner strategis untuk berinvestasi lebih lanjut ke Grab, tapi sebenarnya IPO belum dibutuhkan dalam waktu dekat," kata CEO dan Co-Founder Grab, Anthony Tan di Lippo Kuningan, Jakarta, Rabu (6/3/2019).

Pada kesempatan tersebut Grab juga mengumumkan adanya pendanaan dari SoftBank Vision Fund (SVF) senilai USD 1,46 miliar atau Rp 20 triliun lebih (Kurs USD 1=Rp 14.000). Investasi ini adalah bagian dari pendanaan Series H dengan total lebih dari USD 4,5 miliar.


Investor lain yang termasuk dalam putaran pendanaan Series H adalah Toyota Motor Corporation, Oppenheimer Funds, Hyundai Motor Group, Booking Holdings, Microsoft Corporation, Ping An Capital, dan Yamaha Motor. Anthony menyebut investor tersebut merupakan investor yang modern dan canggih.

"Mereka mengecek sendiri di Indonesia. Mereka mengatakan 'Ya, Anda (Grab) adalah nomor satu, itu mengapa kami investasi ke Anda. Mereka juga cek sendiri kepada costumer apa yang dikatakan costumer mengenai Grab di Indonesia," jelasnya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, President of Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan investasi dari SoftBank ini bukan menjadi penutup pendanaan Seri H. Mengingat Grab masih mengincar investasi dengan nilai yang lebih tinggi.


"Ini bukan akhir karena kami masih melihat minat yang sangat besar. Hanya kita umumkan karena jumlahnya sudah sangat signifikan. Tapi kami tidak menutup karena minat investasi ke Grab ini masih sangat tinggi, baik dari global investor maupun regional investor," jelas Ridzki. (prf/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed