Rabu, 20 Feb 2019 20:40 WIB

Go-Jek: Go-Food Sudah Miliki 400 Ribu Merchant

Moch Prima Fauzi - detikInet
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta - Go-Jek mengungkap capaian merchant yang sudah bergabung ke layanan Go-Food mencapai 400 ribu. 80% di antaranya adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Go-Jek itu berangkat dari keinginan untuk empower UMKM. Go-Food saat ini sudah memiliki 400 ribu mitra UMKM. Dari awal memang visi kita memang untuk empower UMKM-UMKM ini," ujar Chief Commercial Expansion Go-Jek Catherine Hindra Sutjahyo di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Jumlah itu meningkat dari awal 2018 yang berjumlah 125 ribu merchant. Untuk mengakselerasi kembali UMKM di Indonesia supaya bisa naik kelas, Go-Jek meluncurkan program Go-Jek Wirausaha yang menargetkan bisa menjaring 35 ribu UMKM merambah dunia digital.


Program tersebut diharapkan juga dapat membantu program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) soal gerakan nasional 8 juta UMKM go-digital.

"Meskipun UMKM yang sudah bergabung 400 ribu masih jauh dari 8 juta, kalau kita bandingkan dengan 125 ribu awal 2018, jadi satu tahun kemarin cukup pesat. Mudah-mudahan tahun ini lebih pesat lagi," imbuh Catherine.

Catherine mengklaim merchant yang telah bergabung dengan Go-Jek memiliki perkembangan bisnis yang pesat hingga 3,5 kali lipat karena memiliki jangkauan pasar yang lebih luas.


"Itu mereka bisnisnya berkembang sampai 3,5 kali lipat. Bahwa bergabung dengan sistem online ini pangsa pasar berkembang," lanjutnya.

Program Go-Jek Wirausaha sebenarnya telah dilakukan di 9 kota termasuk Jakarta. Lewat program ini Go-Jek bekerja sama dengan pelatih yang ahli dalam bidang wirausaha serta para UMKM yang telah sukses naik kelas untuk memberikan tips mengelola usaha serta pemahaman wirausaha. (prf/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed