Senin, 14 Jan 2019 18:21 WIB

Sampai Taiwan pun Nilai iPhone Sekarang Tak Inovatif

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Tatyana Makeyeva/Reuters Foto: Tatyana Makeyeva/Reuters
Jakarta - Pemerintah Taiwan ikut angkat bicara mengenai melemahnya penjualan iPhone selama 2018. Mereka menilai iPhone sekarang tak inovatif -- sebuah pendapat yang bukan kali ini saja muncul.

National Development Council (NDC), yang merupakan badan perencanaan ekonomi Taiwan, menyebut penjualan iPhone model baru cenderung melemah karena kurangnya inovasi yang dilakukan oleh Apple. Pernyataan ini mereka lontarkan dalam rapat kabinet Kamis (10/1/2019) lalu.

Pemerintah Taiwan sendiri ikut mengomentari hal ini karena sejumlah perusahaan asal Taiwan ikut terdampak dari penurunan penjualan iPhone tersebut. Setidaknya ada tiga perusahaan besar asal Taiwan yang punya peran besar dalam produksi iPhone.




Mereka adalah TSMC yang memproduksi chip prosesor, Largan Precision yang membuat komponen kamera, dan tentunya Foxconn yang merupakan perakit iPhone. Apple sendiri sudah mengurangi pesanan iPhone untuk Q1 2019 ini sebanyak 10%, yang tentunya berdampak pada kondisi keuangan para penyuplainya itu.

Analis Wall Street sendiri memperkirakan penjualan iPhone pada Q1 2019 akan menurun 20%. Jika prediksi itu benar, hanya 41,8 juta unit iPhone yang terjual selama periode tersebut, menurun dari 52,21 juta unit yang laku pada periode sama setahun sebelumnya.




Namun karena Apple tak lagi mengeluarkan informasi penjualan ini dalam laporan keuangan kuartalnya, para analis hanya bisa menerka angka penjualannya tanpa mempunyai angka yang pasti. Demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (14/1/2019).

Sebelumnya, Apple memang menyebut adanya penurunan penjualan di China yang membuat mereka harus mengurangi perkiraan pemasukan mereka pada Q1 tahun fiskal mereka, yang berakhir pada Desember lalu.

Bahkan, mereka sampai mendiskon harga iPhone XR dan XS di China untuk karena adanya anggapan harga perangkat tersebut terlalu mahal.




(asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com